Tim Gabungan Pemkab Aceh Selatan Antarkan Almarhum Teguh Wijaya Kepada Keluarga

Tim Gabungan Pemkab Aceh Selatan Antarkan Almarhum Teguh Wijaya Kepada Keluarga
Dipublikasikan pada Sabtu, 25 Des 2021

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Pegawai Negeri Sipil pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Simeulue, Teguh Wijaya (35), yang sebelumnya dilaporkan hilang dalam perjalanan dari Simeulue menuju Aceh Selatan pada (15/11) dengan menumpang Kapal Feri tujuan Aceh Singkil, akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di wilayah Pulau Tello, Nias Selatan pada (10/12) sore.

Jenazah almarhum Teguh Wijaya awalnya dikenali oleh salah seorang nelayan setempat yang sedang memancing, usai memeriksa tanda pengenal yang masih utuh dan berada di dalam dompetnya. Setelah melaporkan temuan tersebut kepada camat dan perangkat desa, warga setempat kemudian berinisiatif untuk melaksanakan fardhu kifayah kepada almarhum secara Islam sesuai keterangan yang tercantum pada KTP nya.

Pihak kecamatan setempat kemudian berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dan Polres, lalu didapati titik terang bahwa jenazah yang ditemukan oleh nelayan tersebut merupakan warga Aceh Selatan yang telah hilang sejak pertengahan November dan dalam pencarian oleh pihak keluarga.

Mendapatkan informasi tersebut, pihak Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan langsung menugaskan Tim Gabungan untuk memastikan bahwa jenazah yang ditemukan di Nias Selatan tersebut adalah benar Teguh Wijaya, yang merupakan warga Kluet Utara, Aceh Selatan, dan membawanya kembali ke Aceh Selatan.

Tim yang terdiri dari Personil BPBD, Basarnas, dan perwakilan keluarga Teguh Wijaya bergerak menggunakan Ambulan dari Tapaktuan pada hari Rabu (15/12) menuju Nias Selatan. Setibanya di Nias Selatan, pada Kamis (16/12) tim melanjutkan perjalanan ke Pulau Tello, menggunakan Speedboat Puskesmas.

Menurut informasi dari Dantim Evakuasi, Rustam Bahrum, proses evakuasi memakan waktu lebih lama dikarenakan kondisi cuaca yang tidak mendukung.

Akhirnya pada Kamis (23/12) tengah malam, sekitar pukul 01.30 WIB, Tim Evakuasi telah tiba di Kluet Utara dan menyerahkan jenazah almarhum Teguh Wijaya kepada keluarga untuk dimakamkan kembali di kampung halamannya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP membenarkan bahwasanya jenazah almarhum Teguh Wijaya telah dikebumikan kembali di Aceh Selatan. “Alhamdulillah, tim gabungan yang ditugaskan ke Nias Selatan pada 15 Desember lalu telah kembali dengan selamat ke Aceh Selatan dan menyerahkan jenazah almarhum Teguh Wijaya kepada keluarganya. Cuaca yang kurang mendukung menjadi kendala selama proses evakuasi, hal ini yang menyebabkan proses pemulangan membutuhkan waktu sedikit lebih lama” ucap Cut Syazalisma.

“Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga almarhum dapat kita serahkan kembali kepada keluarga di Aceh Selatan. Khususnya kepada Pemkab Nias Selatan, juga pihak Kecamatan Pulau Tello dan masyarakat yang telah banyak membantu Tim selama proses evakuasi” tambah Cut Syazalisma.(*)