Sambut HUT Ke-76 Aceh Selatan, Forum GERMAS Gelar Senam Massal

Sambut HUT Ke-76 Aceh Selatan, Forum GERMAS Gelar Senam Massal
Dipublikasikan pada Jumat, 24 Des 2021

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Forum Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) Aceh Selatan menyambut Hari Ulang Tahun ke-76 Kabupaten Aceh Selatan dengan melaksanakan kegiatan Senam Jantung Sehat, bertempat di lapangan olahraga komplek Taman Pala Indah Tapaktuan, pada Jum’at (24/12) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, Sekretaris Daerah, Kepala SKPK, Pengurus TP PKK Aceh Selatan, Pengurus DWP Aceh Selatan dan unsur lainnya.

Forum GERMAS sendiri dibentuk untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

Ketua TP PKK Aceh Selatan, Kailida, S.Pd.I, sebagai bagian dari Forum GERMAS menyampaikan bahwasanya Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) telah diatur melalui Peraturan Bupati Aceh Selatan Nomor 10 Tahun 2020 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kabupaten Aceh Selatan.

Dalam peraturan bupati itu disebutkan bahwa Germas dilakukan dengan berbagai kegiatan, antara lain, peningkatan aktifitas fisik, perilaku hidup bersih dan sehat, penyediaan pangan sehat dan perbaikan gizi, serta edukasi hidup sehat.

“Pada hari ini, momentum jelang hari jadi Aceh Selatan ke-76, Forum Germas bersama Pemkab Aceh Selatan dan unsur terkait melaksanakan Senam Jantung Sehat, dan nantinya dilanjutkan dengan kegiatan gotong royong massal, sebagai bagian dari pelaksanaan peningkatan aktifitas fisik sebagai wujud pelaksanaan GERMAS, yakni berolahraga secara rutin, dan melakukan upaya penyehatan lingkungan sebagai langkah pencegahan dan penanggulangan penyakit, salah satunya melalui gotong royong” ucap Kailida.

Terlihat para peserta senam yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan mengikuti kegiatan dengan penuh semangat. Tepat pukul 07.00 WIB, para peserta telah berdatangan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.