Danlanal Simeulue ke Aceh Selatan dan Dipeusijuek, Bupati Sebut Garis Pantai Daerah Ini Capai 194 Km

Danlanal Simeulue ke Aceh Selatan dan Dipeusijuek, Bupati Sebut Garis Pantai Daerah Ini Capai 194 Km
Dipublikasikan pada Jumat, 19 Mei 2023

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran menyambut kedatangan Komandan Pangkalan Angkatan Laut ( Danlanal) Simeulue, Letkol Laut (P) Dwi Herdian Saputra, MTr, Opsla Penyambutan Danlanal Simeulue bersama istri dan rombongan turut dihadiri Forkopimda, Kepala SKPK, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Acara dilengkapi dengan peusijuek sekaligus makan bersama di Aula Pendopo Bupati Aceh Selatan, Jumat (19/5/2023).

Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada Danlanal Simeulue beserta rombongan yang telah berkunjung ke Kabupaten Aceh Selatan, yang juga salah satu dari empat kabupaten yang masuk wilayah kerja Danlanal Simeulue.

“Kami sangat berbangga hati dengan kedatangan Bapak Danlanal beserta rombongan ke Kabupaten Aceh Selatan.

Semoga sinergitas dan juga kerja sama kita ke depan ini bisa terjalin dengan baik, sehingga apa yang kita lakukan ini bermanfaat kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Aceh Selatan ini,” ucap Bupati.

Tgk. Amran mengatakan Pemkab Aceh Selatan siap mendukung program-program kerja Danlanal, sehingga apa yang diharapkan nantinya akan bermanfaat kepada masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Tgk. Amran juga memaparkan gambaran wilayah Aceh Selatan kepada Danlanal Simeulue beserta rombongan

” Aceh Selatan mempunyai garis pantai yang sangat luas, sekitar 194 kilometer dan terpanjang di pantai barat, Kabupaten Aceh Selatan juga terdiri atas 18 kecamatan dan 260 desa, yang dimulai dari pesisir Labuhan haji hingga ke permukiman Buloh Seuma,” jelas Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran.

Sementara itu, Danlanal Simeulue Letkol Laut (P) Dwi Herdian Saputra, menyampaikan ucapan terimakasih sudah dijamu dengan baik dan juga dilaksanakan peusijuek

“Mudah-mudahan dengan kehadiran kami di sini bisa menambah kesejukan di Kabupaten Aceh Selatan ini, sehingga saya harap kita bisa bekerja sama dalam program kabupaten Aceh Selatan yang berhubungan dengan laut,” kata Danlanal.

Danlanal menyebutkan bahwa posisi mako ada di Kabupaten Aceh Selatan dan untuk wilayah kerjanya Lanal Simeulue ini meliputi empat kabupaten, yakni Kabupaten Simeulue, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, dan Aceh Singkil.

Lebih lanjut, Terang Danlanal, tugas pangkalan angkatan laut di antaranya sebagai fungsi dukungan sosial dalam melaksanakan operasi, kemudian fungsi dukungan terhadap kapal-kapal yang bersandar di wilayah kerja Lanal Simeulue, baik itu kapal-kapal yang melakukan perbaikan, juga perawatan personil.

“Kedua adalah fungsi keamanan laut, fungsi potensi maritim, yakni segala sesuatu yang kegiatan yang berhubungan dengan laut yang bisa digunakan untuk meningkatkan atau mendukung pertahanan di wilayah kerja Lanal Simeulue,” pungkas Bupati. (*)