Pemkab Aceh Selatan Gelar Hari Santri Ke-8 Sekaligus Pelantikan Pengurus Cabang HUDA

Pemkab Aceh Selatan Gelar Hari Santri Ke-8 Sekaligus Pelantikan Pengurus Cabang HUDA
Dipublikasikan pada Rabu, 26 Okt 2022

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Dinas Pendidikan Dayah menggelar Peringatan Hari Santri ke-8 sekaligus acara pelantikan Pengurus Cabang HUDA Aceh Selatan, bertempat di Gedung Rumoh Agam Tapaktuan, Rabu (26/10/22).

Adapun Pelaksanaan Hari Santri tersebut diwarnai dengan zikir dan doa dengan nuansa putih, dengan mengangkat tema”Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Turut hadir pada acara tersebut, Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran, Forkopimda, unsur Muspika Aceh Selatan, para Kepala SKPK, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan Dayah, HUDA, Tastafi, NU, Ormas Keagamaan, dan ratusan santri.

Pada kesempatan itu Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran mengatakan, melalui keputasan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 sejak saat itu hari santri terus diperingati setiap tahunnya dengan tema yang berbeda.

Menurut beliau, pada tahun 2022 ini sesuai dengan tema berdaya menjaga martabat kemanusiaan memiliki makna bahwa santri senantiasa terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan indonesia, dan ketika negara memanggil maka santri dengan berbagai latar belakang yang memiliki senantiasa siap sedia untuk memberikan darma baktinya, kata Tgk. Amran.

Bupati juga ucapkan selamat hari santri semoga momentum peringatan hari santri ini dapat menjadi motivasi dan mendorong semangat kita untuk melahirkan generasi yang relegius dan berahklakhul karimah, sebagai calon pemimpin dimasa yang akan datang.

Sementara Itu, Kadis Pendidikan Dayah Aceh Selatan Drs. Farid Wajidi menyampaikan, kegiatan Hari Santri ini diwarnai dengan zikir dan doa bersama dan dilanjutkan dengan beberapa penyerahan secara simbolis yakni, penyerahan komputer All In One, beasiswa santri 2022, penyerahan kitab, penyerahan sertifikat izin operasional dayah, ucap Kadis.(*)