Bupati Didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Selatan Melaksanakan Kegiatan Penebaran Benur Udang Vanamei

Bupati Didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Selatan Melaksanakan Kegiatan Penebaran Benur Udang Vanamei
Dipublikasikan pada Senin, 15 Mar 2021

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Selatan, Kailida, S.Pd.I, melaksanakan kegiatan penebaran benur udang Vanamei pada tambak percontohan yang dikelola oleh Kelompok Asahan Makmue Sejahtera, Gampong Pasie Kuala Asahan, Kecamatan Kluet Utara. Turut berhadir, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan.

Ini merupakan penebaran benur udang vaname perdana yang secara simbolis dilakukan langsung oleh Bupati Aceh Selatan dilokasi tambak percontohan yang dikembangkan langsung oleh kelompok tani binaan pemerintah setempat, bagian dari tindaklanjut program pengembangan budidaya udang vaname yang digagas Bupati Tgk. Amran di daerah itu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan, Dzumairi S.Pi,M.T, mengatakan, 4 petak lahan tambak yang masing-masingnya seluas 1.000m² tersebut turut dilengkapi kolam waduk atau sedimentasi, kolam tandon atau karantina dan kolam pengolahan limbah. “Lahan tambak udang vaname yang berlokasi di Gampong Pasie Kuala Asahan, Kluet Utara ini dikelola oleh Kelompok Tani Asahan Makmue Sejahtera binaan pemerintah daerah,” kata Dzumairi.

Menurutnya, lahan tambak udang vaname yang dibangun dilahan pasir tidak jauh dari bibir pantai yang selama ini di anggap sebagai lahan marjinal (terlantar), merupakan lokasi lahan tambak udang vaname percontohan di Kabupaten Aceh Selatan.

“Kita ingin membuktikan kepada masyarakat bahwa, lahan pasir yang selama ini di anggap sebagai lahan marjinal tidak digarap, ternyata bisa di ubah menjadi lahan produktif karena sangat potensial dikembangkan sebagai tambak udang vaname,” ungkap Kadis

Jika nantinya usaha tambak udang vaname tersebut sukses dikembangkan oleh Kelompok Tani Asahan Makmue Sejahtera, maka pihaknya berharap keberhasilan ini dapat menjadi daya tarik bagi para pengusaha local di Kabupaten Aceh Selatan untuk menanamkan modalnya (berinvestasi) mengembangkan usaha tambak udang vanamei. (*)