Bupati Aceh Selatan Resmikan Gedung Madrasah Ulumul Quran, Harap Tiap Kecamatan Lahir Hafiz/Hafizah

Bupati Aceh Selatan Resmikan Gedung Madrasah Ulumul Quran, Harap Tiap Kecamatan Lahir Hafiz/Hafizah
Dipublikasikan pada Jumat, 22 Sep 2023

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, SH, meresmikan sekaligus Peusijuk Gedung Madrasah Ulumul Quran (MUQ) yang baru di Gampong Panjupian, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan, Jumat (22/9/2023).

Acara peresmian dan peusijuek ini turut dihadiri oleh Forkopimda Aceh Selatan, Pejabat Struktural Pemkab Aceh Selatan, para ulama dan Pimpinan Dayah, Direktur dan Pengurus MUQ, Camat, Tokoh Masyarakat, dan perangkat gampong.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, SH dalam sambutannya menyampaikan, Madrasah Ulumul Quran (MUQ) didirikan pada tahun 2015 oleh Bupati Aceh Selatan periode saat itu, H. T. Sama Indra, SH (almarhum) dengan sekolah formal yang bernama SMP Plus Ulumul Quran.

Menurutnya, hal ini didasari semangat dan niat mulia untuk melahirkan generasi qurani Aceh Selatan yang hafal Alquran dan berprestasi.

“Tentu merupakan kebanggaan tersendiri, tidak hanya menjadi milik santri dan orang tua saja, namun juga menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Aceh Selatan.” Kata Tgk Amran

Lebih lanjut, Tgk. Amran, juga mengatakan bahwa pada awal tahun 2021 lalu, menjadi catatan sejarah bagi MUQ Aceh Selatan.

Pasalnya seorang santriwati mampu menyelesaikan setoran terakhir 30 juz dan untuk pertama kalinya MUQ Aceh Selatan berhasil melahirkan hafiz atau hafizah 30 juz quran sebagai aset berharga bagi Aceh Selatan ke depan.

Tgk. Amran berharap, agar nantinya tiap kecamatan memiliki hafiz atau hafizah, kemudian untuk jangka panjang, setiap gampong harus memiliki penghafal Alquran.

“Dengan jumlah santri yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dibarengi dengan pembenahan secara berkesinambungan terus dilakukan, tentunya hal tersebut sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah untuk terus mendukung kemajuan MUQ,” ungkap Bupati.

Bupati juga menyampaikan dalam beberapa tahun terakhir MUQ Aceh Selatan juga menerima siswa tingkatan SMA, untuk itu dibutuhkan dukungan fasilitas yang lebih memadai.

“Atas izin Allah saat ini kita telah berada di Komplek bangunan MUQ Gampong Panjupian untuk meneruskan cita -cita mengembangkan MUQ yang lebih baik ke depannya”, ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Peresmian MUQ Aceh Selatan Drs. Farid Wajidi mengatakan, MUQ tersebut sudah mencapai nilai terbaik,

“Sebagaimana sebelumnya para santri MUQ ini sudah banyak yang membuktikan prestasinya di berbagai ajang kompetisi santri” pungkas Farid Wajidi.

Di penghujung acara peusijuk diwarnai penyerahan bonus kepada para santri berprestasi yang berasal dari berbagai Dayah dalam Kabupaten Aceh Selatan.

Selain itu, juga penyerahan beasiswa yang secara simbolis kepada beberapa perwakilan santri.

Penyerahan itu oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran. (*)