Situs Sejarah Benteng Trumon & Destinasi Wisata Pulau Dua Aceh Selatan Masuk Nominasi API Award 2022

Situs Sejarah Benteng Trumon & Destinasi Wisata Pulau Dua Aceh Selatan Masuk Nominasi API Award 2022
Dipublikasikan pada Selasa, 10 Mei 2022

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Dua Destinasi Spot Wisata Aceh Selatan kembali masuk Nominasi 10 Besar pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award tahun 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisawa dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. Senin (9/5/2022) malam secara Live Zoom Youtube, Panitia API Award 2022 mengumumkan 10 besar Nominasi API Award 2022 dari 18 Kategori yang diperlombakan yang langsung diikuti secara live oleh Plt Kadis Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan, Muchsin ST.

Dari hasil yang diumumkan pihak panitia API Award 2022 semalam, Dua Spot Destinasi Wisata Aceh Selatan masuk dalam Nominasi 10 Besar dari 18 Kategori yang diperlombakan dan yang usulkan untuk tahun 2022 ini,” kata Muchsin dalam keterangan Persnya, Selasa (10/5/2022).

Dua Kategori yang lolos masuk Nominasi 10 besar dari Aceh Selatan ini, lanjut Muchsin, yaitu Destinasi Wisata Benteng Trumon dari Kategori Situs Sejarah dan Destinasi Wisata Pulau Dua dari Kategori Destinasi Kreatif.

Dua usulan yang lolos ini pertama Nominasi Situs Sejarah kita ingin menggali kembali tentang potensi wisata sejarah yang ada di Aceh Selatan yang mana di sini sudah adanya sejarah kerajaan Trumon yang masih ada bukti bukti sejarahnya sampai sekarang ini yang perlu kita jaga sebagai bagian dari cagar budaya yang harus kita lestarikan, ungkapnya.
Kedua nominasi Destinasi Wisata Kreatif ini, kata Muchsin, pihaknya ingin mengembangankan spot wisata Pulau Dua yang sekarang sedang populernya dengan Dermaga Apungnya yang menjadi daya tarik bagi kaum milenial untuk bersua photo di pulau kecil ini.

Voting suara nanti akan dibuka panitia pada tanggal 1 Juli 2022 sd 31 Oktober 2022. Untuk Dua Destinasi Kita yang masuk nominasi sudah diberi Keywordnya yaitu API.12 A untuk Situs Sejarah Benteng Trumon dan API.15H untuk Destinasi Kreatif Pulau Dua, papar Muchsin.

Menurut Plt. Kadis Pariwisata Aceh Selatan ini adalah kali ketiga Aceh Selatan dapat masuk dalam nominasi 10 besar Ajang Promosi Wisata API Award yang diselenggarakan secara Nasional. Tahun 2019 lalu Rencong Batu dan Surfing Samadua. Tahun 2022 Aceh Selatan juga masuk dalam Nominasi 10 besar dari 2 Kategori yaitu Puncak Sigantang Sira dan Anjungan Tapaktuan Tapa.

Semoga kesuksesan yang diraih tahun 2021 dengan meraih 3 Penghargaan sekaligus dari kedua kategori tersebut yaitu juara 1 dan juga menyabet Juara Favorit yang diraih oleh Puncak Sigantang Sira, merupakan kontribusi yang sangat berharga mengantarkan Propinsi Aceh Sebagai Juara Umum API Award tahun 2021. Semoga saja kesuksesan ini dapat kita ulang kembali, harapnya.

Diungkapnya, Tahun ini Dinas Pariwisata Aceh Selata mencoba mengangkat Destinasi Wisata Sejarah dan Destinasi Kreatif Populer yang digandrungi kaum milenial.

Alhamdulillah dua target kita masuk nominasi 10 Besar. Spot wisata sejarah ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi penikmat wisata sejarah masa lalu, peneliti, ilmuan dan juga bagi pecinta tradisi taradisi etnik, kata Muchsin. Untuk meraih kesuksesan dan mendapatkan penghargaan nantinya, tambah Muchsin, tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Karenanya, Muchsin sangat berharap dukungan ini terus mengalir nantinya disaat panitia sudah mulai membuka votingnya.

Karena ajang API Award ini juga merupakan ajang promosi destinasi wisata secara Nasional namun demikian tanpa dukungan dari semua pihak, kesuksesan yang kita dambakan juga akan menjadi berat untuk diraih kembali.

Terima kasih juga kami ucapkan kepada semua pihak yang sudah memberikan masukan serta bimbingan sehingga Aceh Selatan tahun ini dapat masuk kembali dalam dua kategori di Ajang API Award 2022, pungkasnya.