Panen Telur Perdana Hasil Pengembangan BUMG Usaha Bersama

Panen Telur Perdana Hasil Pengembangan BUMG Usaha Bersama
Dipublikasikan pada Jumat, 26 Feb 2021

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran didampingi Ketua TP-PKK Aceh Selatan, Khailida, S.Pd.I, melaksanakan panen perdana telur ayam di BUMG Usaha Bersama, Gampong Krueng Kalee, Kecamatan Pasie Raja, Jumat (26/02/2021).

Sebagaimana disampaikan oleh Keuchik Krueng Kalee, BUMG Usaha Bersama telah berdiri sejak 2015, dimulai dengan usaha teratak. Kemudian, pada tahun 2019, atas kesepakatan bersama, BUMG ini memperkaya lagi usahanya pada bidang ayam petelur dengan alokasi anggaran pertama sebesar 130 juta rupiah dan pada tahun 2020, dialokasikan lagi sebesar 120 juta rupiah.

Dengan total anggaran 250 juta tersebut, telah terbangun kandang ayam dan perlengkapan lainnya dengan total kapasitas 2.000 ekor ayam, walau saat ini baru tersedia 1.000 ekor dikarenakan terbatasnya kemampuan anggaran. Dengan upaya dan kerjasama dari seluruh pihak, serta pembinaan dari DPMG Aceh Selatan, pada awal tahun 2021, BUMG Usaha Bersama telah berhasil melaksanakan panen perdana telur ayam, yang dihadiri langsung oleh Bupati Aceh Selatan.

Tgk. Amran dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Keuchik, Ketua dan Pengurus BUMG Usaha Bersama, Para Pendamping Desa, serta seluruh pihak yang terus membimbing BUMG Gampong Krueng Kalee dalam menjalankan upaya peningkatan ekonomi masyarakat, salah satunya melalui usaha ayam petelur yang kini telah menunjukkan hasil.

Turut berhadir, Anggota DPRK dari Dapil IV, Asmara, dan Martunis, Kadis Pangan, Kadis Nakertrans, Sekretaris Dagperinkop UKM, Sekretaris DPMG, dan Kabid Peternakan Dinas Pertanian.(*)