Ikhtiar Lawan Covid-19, Bupati Aceh Selatan Ajak Seluruh Pihak Sukseskan Vaksinasi

Ikhtiar Lawan Covid-19, Bupati Aceh Selatan Ajak Seluruh Pihak Sukseskan Vaksinasi
Dipublikasikan pada Kamis, 9 Sep 2021

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Menyikapi tingginya angka penyebaran COVID-19, unsur pimpinan yang tergabung dalam Forkopimda Aceh Selatan dan merupakan bagian dari SATGAS COVID-19 Aceh Selatan, terus berupaya untuk mengingatkan masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, serta untuk segera mendapatkan vaksinasi.

Dalam beberapa waktu terakhir, Bupati, Ketua DPRK, Dandim, Kapolres, dan Kajari, seringkali terlihat langsung turun ke masyarakat untuk memberikan pemahaman yang benar mengenai protokol kesehatan dan pentingnya mendapatkan vaksinasi.

Terkini, Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, saat memberikan materi pada kegiatan Sosialisasi Qanun Jinayat bagi siswa dan siswi di SMUN 1 Kluet Utara, Kamis (9/9), tidak lupa mengingatkan para siswa dan siswi untuk segera mendapatkan vaksinasi agar tercipta ketahanan tubuh terhadap COVID-19.

Sehari sebelumnya, pada Rabu (8/9), ditengah padatnya jadwal kegiatan, Tgk. Amran juga menyempatkan untuk hadir di SMAN 1 Bakongan, selain untuk memberikan pemahaman bagi siswa dan siswi mengenai Qanun Jinayat, Tgk. Amran juga mengajak para siswa dan siswi di sekolah tersebut agar mendapatkan vaksinasi untuk melindungi diri dari ancaman COVID-19.

Menurut keterangan Kasatpol PP dan WH Kabupaten Aceh Selatan, Dicky Ikhwan, S.STP, selaku pelaksana kegiatan Sosialisasi Qanun Jinayat ini, keinginan untuk turun ke sekolah-sekolah dan menjadi pemateri adalah permintaan Bapak Bupati sendiri.

Hingga saat ini, Bapak Bupati sudah hadir di 3 (tiga) sekolah. Ternyata, disela penyampaian tentang Qanun Jinayat, Bapak Bupati punya “misi” tersendiri, yakni memberikan pemahaman yang benar mengenai protokol kesehatan, dan pentingnya vaksinasi kepada para siswa dan siswi, ungkap Dicky Ikhwan.

Usai menjadi pemateri di SMAN 1 Kluet Utara, Tgk. Amran menghadiri Pertemuan Loka Karya Mini Lintas Sektor UPTD Puskesmas Kluet Utara di Gedung Pertemuan Kecamatan Kluet Utara. Kehadiran Tgk. Amran di acara ini cukup mengejutkan pihak penyelenggara dan undangan yang hadir.

Dalam sambutannya, Camat Kluet Utara, Misbah, S.Ag, menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Bapak Bupati untuk singgah di acara pertemuan rutin ini walaupun sebelumnya tidak diagendakan.

“Kehadiran Bapak Bupati pada hari ini sama sekali tidak direncanakan. Sesaat tadi saya bertemu dengan Bapak Bupati usai menghadiri kegiatan di SMAN 1 Kluet Utara yang kebetulan lokasinya tidak jauh dari Gedung Pertemuan ini. Bapak Bupati berinisiatif hadir, menemui kita semua, untuk memberikan motivasi dalam upaya kita memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat“ ungkap Misbah.

Tgk. Amran dalam arahannya menyampaikan betapa pentingnya peran Camat beserta Muspika, Mukim, Keuchik dan seluruh masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19 serta mendukung suksesnya pelaksanaan vaksinasi.

“Jangan sampai suksesnya vaksinasi ini menjadi beban tugas para petugas kesehatan saja, diperlukan kerjasama yang baik dan dukungan dari kita semua, Camat, Kapolsek, Danramil, Mukim, Keuchik, dan seluruh pihak, untuk meyakinkan setiap warga, bahwa vaksin ini adalah upaya pemerintah untuk melindungi warga negara, tidak mungkin pemerintah ingin mencelakakan warganya melalui vaksin. Adalah tugas kita bersama menangkal Hoax atau berita bohong tentang vaksin di tengah masyarakat” ucap Tgk. Amran.

Dalam kesempatan ini, Tgk. Amran juga menegaskan bahwa tidak ada perbedaan antara vaksin yang diberikan kepada pejabat ataupun masyarakat lainnya.

“Saya mendapatkan vaksin dosis kedua saat Vaksinasi Massal di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri, ikut dalam antrian bersama warga. Vaksin yang didapat masyarakat, itu pula yang disuntikkan kepada saya. Alhamdulillah, sampai saat ini Allah masih berikan saya kesehatan, sehingga bisa hadir dihadapan Bapak dan Ibu sekalian.” Ucap Tgk. Amran.

“Benar bahwasanya umur itu adalah ketentuan Allah, namun sebagai manusia, diwajibkan bagi kita untuk berusaha. Bahkan orang sakit pun berusaha untuk sembuh dengan meminum obat. Dengan mendapatkan vaksin, maka telah menjadi salah satu upaya, menjadi ikhtiar kita dalam melawan penyebaran COVID-19” tutup Tgk. Amran. (*)