Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Terapkan Sistem Informasi Gampong di Aceh Selatan

Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Terapkan Sistem Informasi Gampong di Aceh Selatan
Dipublikasikan pada Rabu, 16 Feb 2022

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Pemkab Aceh Selatan menerima kedatangan Mahasiswa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (USK).

Kedatangan para mahasiswa itu disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Cut Syazalisma, S. STP di halaman Kantor Bupati Aceh Selatan, Rabu (16/2/2022). Para mahasiswa itu akan menerapkan aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP). Turut dihadiri Dekan I beserta civitas Akademika USK, DPMG Aceh dan jajarannya, DPMG Aceh Selatan, camat, keuchik dan mahasiswa USK, Wakil Dekan I Dr. Nasrullah Zaini, M. Sc mengatakan Fakultas MIPA mengirimkan 18 mahasiswa. Dimana, setiap satu kecamatan dipilih satu orang per satu gampong sesuai kesepakatan dengan Bupati dan Sekda.

Kegiatan serah terima juga dirangkai dengan kerjasama oleh Sekda dan Wadek I Fakultas MIPA. Sekda juga menyebutkan salah satu bentuk inovasi, penerapan aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP). Dia menjelaskan data dan informasi dari gampong terhubung dengan kecamatan, kabupaten, hingga provinsi. Melalui program MBKM ini diharapkan dapat mempercepat penggunaan aplikasi SIGAP, ujarnya. Dia berharap setiap gampong akan mampu menjalankan program gampong secara efektif dan efisien.