Terkait Penanganan Konflik Gajah, Pj Bupati Aceh Selatan Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian LHK

Terkait Penanganan Konflik Gajah, Pj Bupati Aceh Selatan Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian LHK
Dipublikasikan pada Selasa, 7 Mei 2024

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP., melakukan koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, melalui Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), terkait penanganan konflik gajah

“Hal itu sebagaimana tindak lanjut atas surat yang telah disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan sebelumnya terkait permasalahan konflik gajah, di wilayah Trumon Timur dan Kluet Tengah beberapa waktu lalu” kata Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab, Deka Harwinta Zianur, SH., M.I.Kom,. Kepada Serambinews.com, Selasa (7/5/2024)

Ia mengatakan bahwa Pj Bupati Aceh Selatan, berkesempatan untuk menyampaikan langsung permasalahan yang dihadapi kepada Dirjen KSDAE, Satyawan Pudyatmoko.

Pada kesempatan itu, kata Deka, Dirjen KSDAE menyambut baik kedatangan Pj Bupati Aceh Selatan, dan menyampaikan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti secara khusus hasil pertemuan ini, melalui direktur yang membidangi.

Lebih lanjut, kata Deka, dijadwalkan dalam waktu dekat akan dilaksanakan rapat di lingkungan internal Kementerian LHK, khususnya Dirjen KSDAE.

“Direncanakan pada bulan ini akan ditugaskan direktur yang membidangi untuk melihat dan meninjau langsung ke lokasi konflik satwa di Aceh Selatan,”ujarnya

Deka Harwinta mengatakan bahwa pihak Kementerian LHK menanggapi dengan serius apa yang telah disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, dan hal ini juga menjadi upaya nyata untuk menyahuti apa yang disampaikan oleh masyarakat kepada pemerintah daerah beberapa waktu lalu.

“Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, mengharapkan kiranya melalui koordinasi ini didapatkan solusi permanen terhadap penyelesaian konflik satwa di Aceh Selatan, melalui kolaborasi pemerintah pusat dan daerah, ” jelas Deka

Lebih lanjut, jelas Kabag Prokopim, hal ini sebelumnya juga sudah dilaporkan oleh Pj Bupati Aceh Selatan kepada Pj Gubernur Aceh.

“Beliau juga turut mendorong dan mendukung penyampaian permasalahan konflik satwa ini kepada pihak Kementerian,”ungkap Deka Harwinta.

Oleh karena itu, kata Deka, Pj Bupati Aceh Selatan akan kembali melaporkan perkembangan dan hasil dari pertemuan dengan pihak Kementerian LHK kepada Pj Gubernur Aceh.(*)