Jaga Stabilitas Harga Pangan Jelang Ramadhan, Pemkab Aceh Selatan Gelar Gerakan Pangan Murah

Jaga Stabilitas Harga Pangan Jelang Ramadhan, Pemkab Aceh Selatan Gelar Gerakan Pangan Murah
Dipublikasikan pada Rabu, 6 Mar 2024

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) guna stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang bulan suci ramadhan 1445 H.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman kantor Dinas Pangan Aceh Selatan, Tapaktuan, Rabu (6/3/2024)

Penjabat (Pj) Sekertaris Daerah (Sekda) Aceh Selatan, Ilham Sahputra, S.STP, M.Si mengatakan Pemerintah Daerah bertindak cepat untuk berupaya mengendalikan inflasi pangan.

Ha itu, kata Ilham Sahputra, melalui Dinas Pangan, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan bekerjasama dengan Badan Pangan Nasional dan Dinas Pangan provinsi Aceh, berupaya untuk mewujudkan stabilisasi pasokan dan harga pangan melalui Gerakan Pangan murah (GPM) sebagaimana dilaksanakan pada hari ini.

“Melalui gerakan pangan murah, diharapkan dapat menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok baik di tingkat produsen maupun konsumen, serta meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Aceh Selatan,” harap Pj Sekda Aceh Selatan

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pangan Aceh Selatan Firman, S.p mengatakan, bahwa Gerakan Pangan Murah bertujuan menstabilitas pasokan dan harga pangan menjelang bulan suci ramadhan 1445 H, dan mengendalikan inflasi.

Selain itu, kata Firman, juga untuk membantu masyarakat memperoleh bahan pokok dengan harga yang terjangkau dan berkualitas

Lebih lanjut, jelas Firman, Dasar dari kegiatan gerakan pangan murah itu bersumber dari pada anggaran dana BTT (Belanja Tak Terduga) sebesar 65 juta yang rinciannya adalah 1000 paket.

“500 paket yang pertama satu titik kita laksanakan di kota Tapaktuan pada hari ini, dan besok kita laksanakan di Kecamatan Samadua dengan jumlahnya 500 paket lagi,” ungkapnya

Adapun harga bahan pangan murah tersebut yakni Rp. 200.000 per paket

Berikut rinciannya

– Beras Cap Premium 5 kg : Rp. 47.000

– Gula Pasir 2 kg : Rp. 26.000

– Minyak goreng Bimoli 2 ltr : Rp. 33.000

– Telur Ayam 1 papan : Rp. 46.000

– Cabe merah keriting 1/2 kg : Rp. 33.000

Bawang Merah 1/2 kg : Rp. 15.000

Kegiatan pembukaan Gerakan Pangan Murah tersebut turut dihadiri oleh Pj Sekda Aceh Selatan, Plt Asisten III, Para Kepala Dinas terkait, Unsur Forkopimda, Kepala Ferum Bulog Cabang Blang Pidie Hamdani, ST M.Si. dan Muspika Tapaktuan.(*)