Aceh Selatan Kembali Raih WTP dari BPK-RI Perwakilan Aceh

Aceh Selatan Kembali Raih WTP dari BPK-RI Perwakilan Aceh
Dipublikasikan pada Kamis, 29 Apr 2021

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Aceh Selatan Raih WTP ke- 6 Dari BPK RI Perwakilan Aceh atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan Tahun Anggaran 2020. Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Aceh Arif Agus, SE,. MM,. Ak,. CPA. menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan dan Predikat Opini WTP Kepada Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran dan Ketua DPRK Amiruddin di Kantor BPK RI Perwakilan Aceh di Banda Aceh, Kamis (29/04).

Pada kesempatan tersebut turut dihadiri Plt Sekdakab Aceh Selatan, Ir. H. Said Azhar, Kepala Inspektorat, Drs. H. Rasyiddin, Kepala BPKD dan Sekretaris DPRK.

Arif Agus dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemeriksaan ini bertujuan untuk pemberian opini atas kewajaran laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Aceh selatan TA 2020 dengan memperhatikan kesesuaian laporan keuangan dan standar akuntansi Pemerintahan, efektifitas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.

Penerimaan opini WTP yang ke-6 ini untuk Kabupaten Aceh selatan, setelah pihak BPK RI Perwakilan Aceh melakukan penilaian dan audit terhadap laporan keuangan Pemkab Aceh Selatan dalam rangka pelaksanaan ketertiban keuangan dan APBK Aceh Selatan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, BPK memberikan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun Anggaran 2020,” kata Arif Agus.

Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk mempertahankan raihan opini WTP Laporan keuangan pemerintah Kabupaten aceh selatan setiap tahunnya secara akuntabel dan transparan dengan demikian Pemkab Aceh selatan mewujudkan Good Governance dan Clean Governance.

Pada kesempatan yang sama Ketua DPRK Aceh Selatan, Amiruddin juga menyampaikan hal yang senada dengan Bupati Aceh Selatan agar prestasi ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan ditahun mendatang.(*)