Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran Mutasi Puluhan Pejabat Jelang ‘Turun Tahta’, Ini Rincian Nama-namanya

Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran Mutasi Puluhan Pejabat Jelang ‘Turun Tahta’, Ini Rincian Nama-namanya
Dipublikasikan pada Senin, 4 Sep 2023

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Menjelang berakhirnya masa jabatan pada 27 September 2023 mendatang, Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran melakukan mutasi puluhan pejabat di lingkungan pemerintahan setempat.

Ada pun pelantikan dan pengambilan sumpah itu berlangsung di Gedung Rumoh Agam, Tapaktuan, Aceh Selatan, Senin (4/9/2023), yang turut dihadiri oleh para Asisten, SKPK, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran atas nama pribadi dan pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada pejabat yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya.

“Kami berharap amanah yang dipercayakan ini dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab,” ucapnya.

Ia mengatakan, bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang baru dilaksanakan atas pertimbangan berbagai aspek, tentunya dengan mempedomani peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Proses rotasi, mutasi maupun promosi jabatan dapat dilihat dari sudut pandang kebutuhan organisasi, yakni sebagai upaya optimalisasi pelaksanaan tugas-tugas pemerintah,” ungkapnya.

Perlu diketahui, tukas Tgk. Amran, bahwa Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik tersebut berdasarkan hasil Uji Kompetensi (UKOM) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu dan telah mendapatkan rekomendasi dari Komisi ASN.

Begitu pula dalam hal pemberhentian eselon II, telah dilakukan koordinasi dan dilaporkan pula kepada Komisi ASN.

“Kepada seluruh pejabat yang baru dilantik, baik pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, administrator, pengawas maupun fungsional agar segera menyesuaikan diri dan beradaptasi ditempat tugas yang baru,” harap Tgk. Amran.

Tgk Amran mengatakan, pejabat yang baru dilantik sudah seharusnya memiliki wawasan luas, agar dapat membantu merumuskan maupun melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang telah direncanakan.

“Jangan melakukan pelanggaran disiplin, jaga integritas dan moralitas, serta nama baik selaku seorang pejabat dan pegawai negeri sipil dengan senantiasa berpedoman pada peraturan peundang-undangan yang berlaku,” pesan Tgk. Amran.

Pada kesempatan tersebut, Tgk. Amran juga berpesan dan mengajak seluruhnya untuk dapat memberikan kenyamanan dan keamanan pada pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

Ada pun 91 pejabat tersebut yakni terdiri enam eselon II, 58 eselon III, 27 eselon IV, dan pejabat fungsional.

Di antaranya, Masriadi, S.STP, M.Si, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja dilantik sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Sementara itu, H. Lahmuddin, S.Sos, M.Sc (persiapan pensiunan) dari Kepala Disdukcapil dimutasikan menjadi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik.

Sedangkan Drs. Farid Wajidi (persiapan masa pensiun), dari Kepala Dinas Pendidikan Dayah dipindahkan menjadi analisis pelayanan publik di Sekretariat MAA.

Kaharmuzakar, S.Pd, Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah diperintahtugaskan menjadi Plt. mengisi kekosongan jabatan Kadis dari Drs. Farid Wajidi.

Sedangkan Plt. Kepala Dinsos diamanahkan kepada Kusaifuddin, S.Pd selaku Sekretaris.

Dzumairi, S.Pi, MT, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan dilantik jadi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Junaidi, SP, Kepala Dinas Sosial diangkat menjadi Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja.

Kekosongan Kadis Kelautan dan Perikanan diisi pejabat pelaksana tugas (Plt) oleh Syamsuardi, SH yang juga sekretaris pada dinas tersebut.

T. Harida Aslim, SE, MM dilantik dan dikukuhkan sebagai Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian Koperasi dan UKM, Dicky Ikcwan, S.STP, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan WH.

Kemudian, sembilan camat masing-masing Ramzil Hadi, SSTP dilantik jadi Camat Tapaktuan.

Izwar, S.STP, M.Si,. jadi Camat Pasie Raja, Muhammad Yusuf Camat Kota Bahagia, serta Mukhlis Anwar Camat Kluet Utara.

Yusri jadi Camat Kluet Timur, Burhanuddin Camat Kluet Tengah, Zulfikar, SP Camat Labuhanhaji Barat, Zunawaris Camat Sawang, dan Tahta Amrullah, S.STP Camat Meukek.

Kemudian, selebihnya adalah pejabat eselon III, dan IV, serta pejabat fungsional.(*)