Pasar Simpang Empat Kluet Utara Beroperasi, Ini Fasilitasnya dan Pesan Bupati Saat Peresmian

Pasar Simpang Empat Kluet Utara Beroperasi, Ini Fasilitasnya dan Pesan Bupati Saat Peresmian
Dipublikasikan pada Rabu, 26 Okt 2022

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, meresmikan pasar ikan di Desa Simpang Empat, Kecamatan Kluet Utara, Rabu (26/10/2022). Pasar ikan yang diresmikan Bupati tersebut merupakan bangunan yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh atau DOKA tahun 2021. Turut hadir saat peresmian ini, Kadisdagperinkop Aceh Selatan, Teuku Harida Haslim, SE, MM, Kadispora Aceh Selatan, Rustam, Kadishub Aceh Selatan, Filda Yuslibar, Asisten I Pemkab Aceh Selatan, Kamarsyah.

Kemudian Anggota DPRK Aceh Selatan, Rarmi, Mirwan dan Martunis, tokoh masyarakat Tgk. Abrar Muda serta Camat Kluet Utara, Misbah, S. Ag. Dalam sambutannya, Kadisdagperinkop, Teuku Harida Haslim, SE, MM, mengatakan pasar ikan yang diresmikan bupati tersebut merupakan bangunan yang bersumber dari DOKA 2021.

Menurutnya pasar tersebut memiliki berbagai fasilitas, antara lain lapak pedagang ikan, lapak pedagang sayur, kios untuk penyimpanan serta fasilitas lainnya, seperti lampu penerangan dan kamar mandi/toilet.

Kadis juga menambahkan Pasar Ikan Simpang Empat memiliki fungsi yang sangat penting di Kluet Utara dan mampu menampung serta menunjang kebutuhan pedagang ikan dan pedagang kebutuhan pokok lainnya yang akan menambah kenyamanan bagi para penjual dan pembeli. Ia juga mengharapkan adanya kerjasama yang baik dari pedagang di lokasi pasar untuk senantiasa menjaga kebersihan agar masyarakat yang melakukan transaksi jual beli akan merasa lebih nyaman.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Selatan menyampaikan, dibangunnya pasar ikan Desa Simpang Empat berawal dari aspirasi masyarakat, karena sebelumnya lokasi pasar di samping Masjid dinilai mengganggu kenyamanan dan keselamatan berlalulintas di sekitar lokasi pasar.

Tgk. Amran menyampaikan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan mengajak agar semua pihak dapat sama-sama mengelola dengan menjaga dengan baik keberadaan pasar tersebut baik itu kebersihan dan sarana yang ada.

Di samping itu, untuk mendukung aktivitas jual beli pedagang, pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Disdagperinkop juga telah menyediakan sebanyak 50 timbangan yang juga diserahkan secara simbolis oleh Bupati Aceh Selatan.

Bupati menambahkan, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan akan terus melakukan upaya semaksimal mungkin untuk memberdayakan ekonomi masyarakat khususnya di Kabupaten Aceh Selatan pasca pandemi. (*)