Sekda Aceh Selatan Lepas Kontingen Pramuka Ke Jambore Nasional Di Cibubur

Sekda Aceh Selatan Lepas Kontingen Pramuka Ke Jambore Nasional Di Cibubur
Dipublikasikan pada Senin, 8 Agu 2022

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Sebanyak 44 orang Pramuka yang terdiri dari 32 peserta, 4 orang Official peninjau dan 4 orang Pembina mengikuti Jambore Nasional ke XI di Cibubur, Jakarta Timur, pada 14 hingga 21 Agustus 2022. Kontigen resmi dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP. Acara pelepasan kontingen tersebut turut dihadiri oleh Ketua Kwartir Cabang Aceh Selatan beserta seluruh pengurus, para andalan Cabang Pembina, Kamabigus, dan para peserta perkemahan Jambore Nasional di Halaman Kantor Bupati Aceh Selatan, Senin (8/8/2022).

Kegiatan Jambore Nasional yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke-61 dan HUT Kemerdekaan RI Ke-77. Nantinya akan diisi dengan beberapa kegiatan dan pembekalan materi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan gerakan Pramuka Indonesia.

Sekda Aceh Selatan, Cut Syazalisma dalam sambutannya mengatakan bahwa gerakan ini bertujuan untuk menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur. Juga memiliki kecerdasan dan keterampilan yang tinggi sehat jasmani, serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Pelaksanaan jambore nasional merupakan kegiatan edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar, sebagai sarana pembinaan yang menitik beratkan pada kegiatan persaudaraan demi kerukunan dan perdamaian,” ungkapnya.

Sekda juga berharap kepada kontingen yang diberangkatkan agar momentum ini dapat dijadikan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan serta meningkatkan rasa kebangsaan serta mewujudkan manusia yang beriman dan berilmu pengetahuan dengan jiwa pancasila.

Disamping itu, Sekda juga berpesan agar para peserta dapat menanamkan kemauan kuat untuk memberikan prestasi terbaik sehingga dapat menjadi motor penggerak perubahan generasi muda. “Saya mengucapkan selamat kepada anak-anak ku semuanya, serta kakak pembina yang mengawal kontingen Pramuka. Kami ingatkan, kontingen Pramuka yang dilepas hari ini supaya bisa untuk membawa nama baik dan membawa citra baik daerah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kwatir Cabang Gerakan Pramuka Aceh Selatan dalam laporan yang dibacakan oleh Ria Dharma menjelaskan, untuk peserta Jambore Nasional Kwartir Cabang Gerakan Aceh Selatan pesertanya putra-putri terbaik pramuka penggalang yang sudah mengikuti jambore daerah Aceh pada tahun 2021 lalu.(*)