Bupati Aceh Selatan Resmikan Pabrik Kelapa Sawit Berkapasitas 45 Ton/Jam

Bupati Aceh Selatan Resmikan Pabrik Kelapa Sawit Berkapasitas 45 Ton/Jam
Dipublikasikan pada Sabtu, 4 Jun 2022

PROKOPIM, TAPAKTUANĀ – Saat ini di Kabupaten Aceh Selatan sudah ada Pabrik Kelapa Sawit berkapasitas 45 Ton/Jam, yang berlokasi di Gampong Kapa Seusak, Kecamatan Trumon Timur.

PT. Aceh Trumon Anugerah Kita (PT. ATAK) ini sudah diresmikan pengoperasiannya oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, Sabtu, (4/6/2022).

Dalam peresmian tersebut Bupati turut didamping Unsur Forkopimda, Dandim 0107, Kapolres Aceh Selatan, Kajari, Ketua DPRK beserta anggota, serta dari Mahkamah Syariah, Para Asisten, Kepala SKPK, Para Kepala Bagian Setdakab, Tokoh masyarakat, Camat, para Direksi serta pemegang saham Pabrik Kelapa Sawit PT. ATAK serta undangan lain.

Pada kesempatan itu, Tgk. Amran dalam arahannya menyampaikan bahwa Aceh Selatan mempunyai potensi besar dan strategis dalam bidang perkebunan sawit yang tersebar di berbagai kecamatan. Areal yang luas serta tanah yang sesuai dengan jenis tanaman ini berkembang pesat.

Kehadiran investasi industri pabrik kelapa sawit PT. Aceh Trumon Anugerah Kita akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Aceh Selatan pada umumnya dan Kecamatan Trumon Timur khususnya, ungkap Bupati.

Bupati menegaskan bahwa, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan menyambut baik para investor yang ingin menanamkan modalnya di daerah ini.

Karena berdampak signifikan pada peningkatan taraf ekonomi masyarakat, terbukanya lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Juga tertampungnya pemasaran hasil panen tandan buah segar (TBS) masyarakat di Kabupaten Aceh Selatan yang terus meningkat.

Dikarenakan Permintaan komoditas minyak CPO (crude palm oil) terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, oleh sebab itu produk ini sangat diminati oleh para investor.

Selain bahan baku minyak makan sebagai kebutuhan masyarakat, CPO juga dapat di jadikan produk-produk unggulan lainnya,” papar Tgk. Amran.

Untuk itu, Tgk. Amran berharap agar semua pihak dapat menjalin komunikasi yang harmonis agar perusahaan maju dan berkembang dibarengi dengan peningkatan taraf hidup masyarakat setempat.

Direktur PT. Aceh Trumon Anugerah Kita, Hendi menyampaikan terima kasih yang setinggi-tinggi kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan atas kerjasama yang baik selama ini.

“Sehingga PKS dapat beroperasi secara tepat waktu sesuai dengan rencana, dari masa perencanaan, pembangunan, Soft Opening Hingga Grand Opening pada hari ini,” ungkap Hendi.

Selain itu, Direktur PKS tersebut juga menyampaikan bahwa PKS PT. ATAK mempekerjakan 80 persen masyarakat lokal sesuai dengan komitmen awal pembangunan PKS ini.

Kemudian membeli sawit masyarakat langsung maupun melalui agen pengumpul sesuai dengan harga list pasar. Dan berharap masyarakat dapat menjual langsung ke PKS PT. ATAK. Hal tersebut lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan menjualnya ke PKS yang berada di luar Kabupaten Aceh Selatan dengan selisih ongkos angkut,” ungkapnya.

Dalam rangkaian acara tersebut, Tgk. Amran menandatangani prasasti peremian PKS. Bupati juga meninjau langsung lokasi pabrik PKS yang berkapasitas 45 Ton/Jam mempunyai areal pabrik 17 Ha ini bersama Forkopimda yang di dampingi para direksi dan pemegang saham.(*)