Bupati Aceh Selatan Raih Penghargaan Atas Program Santunan Kematian

Bupati Aceh Selatan Raih Penghargaan Atas Program Santunan Kematian
Dipublikasikan pada Minggu, 5 Sep 2021

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan menerima penghargaan The Aceh Post Award untuk Kategori Penguatan Bidang Sosial atas pelaksanaan Program Pro Rakyat Santunan Kematian, bertempat di Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Sabtu (4/9) malam. Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, yang hadir bersama Ketua TP PKK Aceh Selatan, Kailida, S.Pd.I.

Program Santunan Kematian merupakan salah satu program unggulan yang digagas oleh pasangan H. Azwir S.Sos dan Tgk. Amran (AZAM), yang disampaikan pada kampanye Pilkada tahun 2018 lalu. Sebagaimana diketahui, H. Azwir, S.Sos, telah berpulang ke Rahmatullah pada 2 Desember 2019, dan Tgk. Amran yang sebelumnya merupakan Wakil Bupati, melanjutkan tampuk pemerintahan sebagai Bupati Aceh Selatan untuk mewujudkan Visi Misi AZAM.

Terbukti, walaupun dalam masa pandemi COVID-19, Tgk. Amran tetap konsisten dalam melaksanakan program unggulan Santunan Kematian ini, meskipun tidak sedikit program kegiatan lainnya terkena dampak refocusing anggaran. Menurut data dari Bagian Kesra Setdakab Aceh Selatan, hingga saat ini, telah disalurkan dana santunan kematian sebesar Rp. 14.269.500.000 kepada 3.730 penerima yang berhak dan telah diverifikasi.

Pada malam resepsi The Aceh Post Award dengan tema “Langkah Pertama Untuk Obsesi Tanpa Batas” ini, selain Bupati Aceh Selatan, turut menerima penghargaan, Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, pada Kategori Penguatan Ekonomi Syariah, Bupati Aceh Besar, pada Kategori Peningkatan Kesejahteraan melalui Program Aceh Besar Sejahtera (PRO ABES), dan Ketua TP PKK Provinsi Aceh, yang juga Istri dari Gubernur Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT, sebagai Aktivis Pencegahan dan Penanganan Stunting di Aceh (*)