Tgk. Amran, Penghargaan Api Award Adalah Momentum Bangkitkan Apresiasi Terhadap Potensi Wisata Daerah

Tgk. Amran, Penghargaan Api Award Adalah Momentum Bangkitkan Apresiasi Terhadap Potensi Wisata Daerah
Dipublikasikan pada Selasa, 30 Nov 2021

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, atas nama pribadi dan pemerintah daerah menyampaikan ucapan selamat sekaligus mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas do’a, upaya, serta kerja keras seluruh pihak yang telah mendukung dua nominator API Award 2021 dari Aceh Selatan, yakni Anjungan Tapak Tuan Tapa dan Puncak Sigantang Sira, sehingga berhasil menjadi Juara Pertama, sekaligus Juara Favorit, pada malam puncak API Award 2021 di di Stable Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, pada Selasa (30/11) lalu.
Hal ini disampaikan Bupati Amran melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Deka Harwinta Zianur, SH. M.I.Kom, usai mengikuti acara Pisah Pamit Pangdam IM di Makodam IM Banda Aceh pada Rabu (1/12), disela persiapan kegiatan Penyerahan DIPA TA 2022 oleh Gubernur Aceh kepada Bupati/Walikota se Aceh, yang akan berlangsung di Anjong Mon Mata Banda Aceh, Kamis (2/12) esok harinya.

Selanjutnya, Tgk. Amran juga mengharapkan agar momentum ini dimanfaatkan untuk membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata, serta mendorong peran berbagai pihak, baik pemerintah daerah, pihak swasta, maupun masyarakat umum untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Kabupaten Aceh Selatan.

“Mari kita manfaatkan momentum ini untuk menggali dan mempromosikan berbagai potensi wisata yang ada di daerah kita. Dengan adanya upaya bersama untuk mempromosikan potensi wisata tersebut, akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung, dengan demikian diharapkan masyarakat akan merasakan dampak berganda atau multiplier effect dari kunjungan tersebut, yang tentu akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat serta tumbuhnya beragam industri rumah tangga, seperti makanan dan minuman, penginapan, transportasi dan lainnya” ucap Tgk. Amran.

Penyampaian Bupati Amran sejalan dengan pesan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam sambutannya pada pembukaan malam puncak API Award 2021, saat itu Sandiaga Uno menyampaikan bahwa berbagai upaya perlu dilakukan oleh seluruh pihak dalam rangka mendorong peningkatan pariwisata dan ekonomi kreatif. Melalui upaya bersama tersebut, diyakini dapat membawa pariwisata maju dan ekonomi bangkit. Secara khusus, Menteri Pariwisata mengapresiasi upaya yang dilakukan untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif melalui gelaran API Award. Melalui gelaran ini, Menteri Pariwisata berpesan agar pemerintah daerah terus meningkatkan promosi destinasi wisata di daerahnya.

“Dalam masa pandemi COVID-19 ini, strategi promosi pariwisata perlu dilakukan dengan inovasi dan adaptasi, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Terus gali potensi wisata di daerah” tutup Sandiaga (*)