Program TMMD Ke-110 Kodim 0107/Aceh Selatan Resmi di Tutup

Program TMMD Ke-110 Kodim 0107/Aceh Selatan Resmi di Tutup
Dipublikasikan pada Kamis, 1 Apr 2021

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Kodim 0107/Aceh Selatan Tahun 2021 di Desa Krueng Kluet, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan resmi ditutup secara resmi oleh Kepala Staf Ahli (Kapoksahli) Kodam Iskandar Muda, Brigjen TNI Bambang Idrayanto, di Gedung Rumoh Inong Tapaktuan, Rabu (1/1/2021). Turut hadir Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, Forkopimda Aceh Selatan, Para Kepala Dinas terkait, Muspika Kecamatan Kluet Utara, Kemudian Kepala Mukim Sejahtera, Kades Desa Krueng Kluet, Kampung Tinggi dan Kampung Paya.

Prosesi penutupan TMMD ke-110 ini ditandai dengan penandatangan naskah serah terima dari Dandim 0107/Aceh Selatan, Letnan Kolonel Inf. M. Yusuf, S.I.Kom selaku Dansatgas TMMD ke-110 Kodim 0107/Aceh Selatan kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan yang diterima langsung oleh Bupati Tgk. Amran.

Dalam laporannya, Dansatgas TMMD ke-110 memaparkan bahwa pelaksaan kegiatan TMMD di Desa Krueng Kluet dan Kampung Tinggi terlaksana dengan maksimal. Seluruh sasaran fisik serta nonfisik tercapai  100%  termasuk pembukaan badan jalan sepanjang 850 meter, diteruskan dengan pembuatan 3 titik talud jalan, satu jembatan, 2 unit box saluran air dan rehab empat rumah tidak layak huni (RTLH). Selain itu kegiatan sasaran nonfisik berupa penyuluhan narkoba, Posyandu, Posbindu, pertanian, Wawasan Kebangsaan, pengobatan masal serta pelatihan pertanian.

Amanat Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Achmad Basuki yang dibacakan oleh Kapoksahli Pangdam IM mengatakan, upacara penutupan ini sekaligus menandai berakhirnya program TMMD ke-110 yang dilaksanakan serentak di 3 Kabupaten/Kota di wilayah Kodam Iskandar Muda. Dijelaskan Brigjen TNI Bambang Idrayanto, TNI Manunggal membangun Desa (TMMD) sebagai salah satu wujud operasi bakti TNI.

TMMD ini  juga merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI/Polri, kementerian atau lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya secara terintegrasi. Pelaksanaan program ini bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan. Khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terpencil dan daerah lain yang terkena akibat bencana alam.

Para prajurit TNI anggota kepolisian aparat Pemda serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras guna menyelesaikan program TMMD ini,” ungkapnya.TMMD yang diprogramkan dan telah dilaksanakan ini juga bertujuan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan sasaran fisik maupun non fisik.

“Hal ini tentunya memiliki tujuan yakni memantapkan kemanunggalan TNI rakyat dalam rangka menyiapkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh sejalan dengan tema TMMD kali ini : Wujud Sinergi Membangun Negeri,” papar Brigjen TNI Bambang Idrayanto.

Selain itu  melalui program TMMD ini semakin membangkitkan semangat gotong royong bersama dalam membangun daerah. Pangdam IM mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama Pemerintah Daerah dan masyarakat atas segala dukungannya. Dengan demikian TMMD ini berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan.(*)