Hadiri Pembukaan TTG XXIV Aceh, Bupati Aceh Selatan: TTG Jadi Motivasi untuk Mewujudkan Kemandirian

Hadiri Pembukaan TTG XXIV Aceh, Bupati Aceh Selatan: TTG Jadi Motivasi untuk Mewujudkan Kemandirian
Dipublikasikan pada Selasa, 30 Mei 2023

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, didampingi Ketua TP PKK Aceh Selatan, Kailida, SPd.I , ikut hadir dalam pembukaan acara Gelar Teknologi Tepat Guna ( TTG) XXIV Tingkat Provinsi Aceh di Kompleks Jantho Sport City (JSC) Kota Jantho, Aceh Besar, Selasa (30/5/2023) malam.

Kegiatan ini dibuka Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Aceh, Ir Mawardi.

Acara yang diawali dengan jamuan makan malam (gala dinner) di Meuligoe Pendopo Bupati Aceh Besar ini dihadiri para Bupati/Wali Kota dan Pj Bupati/Pj Wali Kota se-Aceh, anggota DPRA, Forkopimda Aceh Besar, Kepala SKPA, Kepala DPMG se-Aceh, pelaku UMKM, dan tokoh masyarakat.

Pembukaan Gelar TTG ini berlangsung dengan meriah dan diramaikan ribuan masyarakat yang memenuhi Kompleks JSC.

Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, dalam penyampaiannya menegaskan bahwa Aceh Selatan senantiasa turut serta dalam even tahunan ini.

“Tentunya Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan menyambut positif kegiatan tahunan ini, mengingat manfaatnya begitu penting dalam upaya memasyarakatkan inovasi hasil teknologi tepat guna,” ucap Bupati Tgk Amran.

Menurut Tgk. Amran, perhelatan Gelar TTG ini menjadi motivasi untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai inovasi dengan mengedepankan kearifan lokal.

Sementara itu, Ketua TP PKK Aceh Selatan, Kailida, SPdi, dalam penyampaiannya mengatakan even gelar TTG Provinsi Aceh yang mengangkat tema “Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Penurunan Stunting melalui Pemanfaatan Alat Teknologi Tepat Guna” ini mengedepankan teknologi sederhana dan mudah diterapkan oleh masyarakat gampong.

“Tentunya akan lebih baik jika dapat dimanfaatkan secara optimal guna meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan nilai tambah dan perbaikan mutu produk, serta membantu terwujudnya usaha produktif di tengah-tengah masyarakat,” kata Kailida.

Turut berhadir saat pembukaan acara ini, Kepala DPMG Aceh Selatan, Hj. Agustinur, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Deka Harwinta Zianur, SH., M.I.Kom.

Ini Juara TTG, Posyantek dan Gampong Se-Aceh, Diumumkan Saat Gelar Teknologi Tepat Guna di Jantho

Seperti diberitakan Serambinews.com sebelumnya, panitia mengumumkan juara lomba Teknologi Tepat Guna atau TTG, Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna atau Posyantek, dan Gampong Terbaik Tingkat Aceh dalam pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna ( TTG) ke-24 Tingkat Provinsi Aceh di Kompleks Jantho Sport City (JSC) Kota Jantho, Selasa (30/5/2023) malam.

Adapun juara TTG Unggulan, juara I Faisal ( Aceh Besar/alat kukus kelapa), juara II Bustani Suwardi (Nagan Raya), dan Is Suarli Khutni ( Aceh Besar).

Untuk lomba Posyantek terbaik, juara I Zarkashi Zakaria (Kota Langsa), juara II Reza Aulia ( Aceh Besar) dan juara III Hasbi ( Aceh Besar).

Kemudian lomba inovasi alat TTG, juara I Khairul (Pidie Jaya), juara II Amriza ( Aceh Besar), dan juara III Mahyeddin Abubakar ( Aceh Utara).

Sedangkan untuk lomba gampong terbaik tingkat Provinsi Aceh tahun 2023, juara I Gampong Mane Tunong, Aceh Utara, juara II Gampong Lubok Batee Aceh Besar, juara III Gampong Meunasah Timu, Kecamatan Peusangan, Bireuen, juara harapan I Gampong Penyerat Banda Aceh dan juara harapan II Gampong Cekal Baru, Bener Meriah.

Sebelumnya, saat pembukaan acara ini, Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh, Ir. Mawardi, membuka Gelar Teknologi Tepat Guna ( TTG) ke-24 Tingkat Provinsi Aceh di Kompleks Jantho Sport City (JSC) Kota Jantho, Selasa (30/5/2023) malam.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi, para Bupati/Wali Kota dan Pj Bupati/Pj Wali Kota se- Aceh, anggota DPRA, Forkopimda, Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekdakab, Kepala OPD, Kepala BPMG se- Aceh, pelaku UMKM, dan para tokoh masyarakat.

Tampak ribuan masyarakat memenuhi Komplek Jantho Sport City atau JSC.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP, MM. mengungkapkan selamat datang dan apresiasi atas kehadiran dan partisipasi semua pihak atas terlaksananya Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Aceh ke-24 tahun 2023 yang digelar di Kota Jantho sejak 30 Mei hingga 2 Juni 2023.

Iswanto didampingi Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar, Cut Rezky Handayani, S. IP, MM, mengatakan sebagai tuan rumah, Kabupaten Aceh Besar, sudah sejak beberapa bulan lalu mempersiapkan berbagai hal guna menyukseskan even bergengsi tingkat Provinsi Aceh ini.

Tema TTG kali ini “Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Penurunan Stunting Melalui Pemanfaatan Alat Teknologi Tepat Guna”.

“Tentunya kami atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar mengajak semua pihak untuk menyukseskan pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna Provinsi Aceh di Kota Jantho tahun ini.

Mengingat kegiatan tahunan yang sedang kita laksanakan ini begitu penting dalam rangka memasyarakatkan inovasi hasil teknologi tepat guna dan peningkatan denyut ekonomi masyarakat dan UMKM yang tersebar di seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Aceh,” ujarnya.

Selain itu, perhelatan Gelar Teknologi Tepat Guna ini juga menjadi motivasi bagi semua pihak untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat gampong melalui berbagai inovasi yang berbasis kearifan lokal.

Dengan demikian dapat meningkatkan ketahanan pangan dan dapat bermanfaat guna penurunan angka stunting.

Oleh karena itu, harapan bersama melalui pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna ini akan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di pedesaan.

Apalagi, acara Gelar Teknologi Tepat Guna ini mengedepankan teknologi berbasis sederhana dan mudah diterapkan oleh masyarakat gampong, sehingga melalui kegiatan ini tentunya dapat mencari dan menemukan alat teknologi guna menunjang ekonomi masyarakat.

Terlebih jika dimanfaatkan secara optimal, peranan Teknologi Tepat Guna diyakini akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan nilai tambah produk, perbaikan mutu dan membantu dalam mewujudkan usaha produktif yang efisien di tengah-tengah masyarakat.

Sementara itu, Asisten II Setda Aceh, Ir. Mawardi mengemukakan, melalui Gelar TTG ke-24 Provinsi Aceh, diharapkan berbagai potensi teknologi tepat guna yang dimiliki kabupaten/kota di Aceh dapat lebih terangkat dan dikenal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Terima kasih kepada kabupaten/kota yang sudah berpartisipasi untuk menyukseskan Gelar TTG ini,” ucapnya.

Kepala Dinas PMG Provinsi Aceh, Dr. Ir. Zulkifli, M.Si, menyampaikan apresiasi kepada kabupaten/kota yang sudah berpartisipasi dalam even ini.

“Melalui Gelar TTG ke-24, semakin memotivasi kita semua untuk terus berkarya dan berinovasi,” ujarnya. (*)