Pj Bupati Bersama Forkopimda Tinjau Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024

Pj Bupati Bersama Forkopimda Tinjau Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024
Dipublikasikan pada Selasa, 30 Jan 2024

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat meninjau langsung proses simulasi Pemungutan dan perhitungan surat suara pemilu 2024.

Simulasi yang digelar oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan tersebut berlangsung Gedung Rumoh Agam, Tapaktuan, Selasa (30/1/2024) dan diikuti oleh 284 warga Gampong Jambo Apha, Kecamatan Tapaktuan, yang terdaftar sebagai pemilih di TPS 01.

Pj Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma mengatakan bahwa peninjauan tersebut untuk melihat perkembangan dan kesiapan dalam menghadapi pemilu 2024.

“Setelah kita lihat perkembangan dan kesiapan, Alhamdulillah sudah cukup siap, Semoga pemilu 2024 di Aceh Selatan berjalan lancar, sukses dan aman,” kata Pj Bupati Aceh Selatan, usai meninjau simulasi pemungutan dan perhitungan suara

Sementara itu, Koordinator Divisi teknis penyelenggara KIP Aceh Selatan, Yusrizal mengatakan bahwa simulasi tersebut bertujuan untuk merepresentasikan kesiapan hari H pencoblosan di 14 Febuari 2024 nanti. Lebih lanjut, jelasnya, juga untuk mengetahui estimasi waktu dalam pelaksanaan pemungutan suara.

“Hal itu, mulai dari pemilih mendaftar di TPS, kemudian mendapatkan surat suara, masuk ke bilik suara, memasukkan surat suara ke kotak suara, hingga memasukkan jari ke dalam botol tinta,”jelasnya

Lebih lanjut, kata Yusrizal, setelah dilakukan simulasi pemungutan suara, maka akan dilanjutkan dengan perhitungan suara dan sekaligus mengunakan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP).

“Kemudian setelah proses perhitungan suara selesai akan dilakukan pleno di tingkat TPS,”pungkasnya.(*)