Pj Bupati Aceh Selatan Bersama Forkopimda Jenguk Petugas Penyelenggara Pemilu Dirawat di 3 Puskesmas

Pj Bupati Aceh Selatan Bersama Forkopimda Jenguk Petugas Penyelenggara Pemilu Dirawat di 3 Puskesmas
Dipublikasikan pada Minggu, 18 Feb 2024

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Penjabat Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma bersama Dandim 0107 Aceh Selatan Letkol Inf. Faiq Fahmi dan Kapolres Aceh Selatan AKBP Mughi Prasetyo Habrianto menjenguk beberapa petugas penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan yang dirawat di Puskesmas Ladang Tuha, Kecamatan Pasie Raja, Aceh Selatan, Minggu (18/2/2024)

Diketahui, beberapa petugas penyelenggara pemilu diantaranya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kelompol Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan (Panitia Pemungutan Suara (PPS) tersebut terpaksa dirawat Puskesmas akibat kelelahan saat bertugas.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Aceh Selatan menjenguk petugas yang dirawat di Puskesmas Ladang Tuhan Kecamatan Pasie Raja, Puskesmas Kluet Utara dan Puskesmas Bakongan.

Pj Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma mengatakan bahwa beberapa petugas mengalami kelelahan akibat bekerja hingga malam.

Sehingga, kata Pj Bupati, pemerintah memberikan atensi Kepada Dinas Kesehatan, posko kesehatan agar memberikan pelayanan terbaik.

“Alhamdulillah sejauh ini kami telah mengunjungi beberapa penyelenggara pemilu baik PPK, KPPS dan PPS yang mengalami kelelahan yang dirawat di Puskesmas,” katanya

Namun demikian, kata Cut Syazalisma, jika kondisi belum maksimal maka pasien akan di rujuk Kerumah Sakit Umum Daerah Yulidin Away Tapaktuan.

Selain itu, ungkap Pj Bupati Aceh Selatan, saat ini sedang berlangsung pleno rekapitulasi suara tingkat kecamatan

“Saya juga telah menyampaikan untuk dapat mengecek kondisi kesehatan penyelenggara yang sedang melaksanakan tugas di tingkat kecamatan. Mudah – Mudahan kita dapat mengantisipasi,” jelas Cut Syazalisma.

Pj Bupati Aceh Selatan juga menghimbau kepada penyelenggara pemilu agar dapat menjaga kesehatan dan selalu menunaikan ibadah shalat lima waktu.

“Jika kondisi mulai menurun agar segera dilaporkan kepada petugas kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan,”ujarnya

Lebih lanjut, Cut Syazalisma bersama Forkompida memberikan semangat kepada petugas penyelenggara pemilu.

“Atas nama Pemerintah Daerah kami menyampaikan terimakasih dan bangga kepada KIP, Bawaslu, TNI/Polri, Muspika dan jajaran tingkat Desa atas tanggung jawab demi suksesnya penyelenggara Pemilu 2024 di Aceh Selatan,”pungkasnya.

Sebelumnya, Pj Bupati Aceh Selatan telah menginstruksikan agar seluruh tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Aceh Selatan, baik Puskesmas maupun Rumah Sakit, terus beroperasi dan siaga memberikan dukungan dalam menyukseskan pemilu. Khususnya melalui layanan kesehatan bagi para petugas yang terlibat langsung dengan pelaksanaan pemilu.(*)