Peringatan HKN, Pemkab Aceh Selatan Gelar Upacara, Puskesmas Terbaik dan Dokter Teladan Dapat Hadiah

Peringatan HKN, Pemkab Aceh Selatan Gelar Upacara, Puskesmas Terbaik dan Dokter Teladan Dapat Hadiah
Dipublikasikan pada Rabu, 16 Nov 2022

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melaksanakan upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional atau HKN ke-58 tahun 2022 di halaman Dinas Kesehatan setempat , Rabu (16/11/2022).

HKN tahun ini bertema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” Upacara HKN ini dipimpin Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, yang membacakan sambutan tertulis Menteri Kesehatan atau Menkes RI.

Menkes RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa pilihan tema tersebut untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang bersama-sama, bahu membahu, dan bergotong-royong menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi Covid-19. Dengan demikian dapat kembali beraktivitas dan produktif.

“Dalam menghadapi Pandemi Covid-19, bangsa indonesia telah membuktikan dirinya sebagai bangsa yang tangguh, para ulama, tokoh agama, dan tokoh adat, aktif mendampingi masyarakat, begitu pula sosial dan keagamaan juga bergerak cepat membantu masyarakat.” katanya.

Lanjutnya, pandemi menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah dan melakukan tranformasi dan sistem kegiatan di tanah air dengan berfokus pada enam pilar untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif dan berkeadilan.

Dengan demikian kebersamaan pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan dalam menghadapi masalah kesehatan pada masa mendatang.

“Perjuangan kita masih panjang, kita harap kepada semua insan kesehatan agar terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, melalui konsumsi makanan bergizi dan seimbang, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan mencuci tangan pakai sabun,” pungkas Tgk. Amran.

Usai upacara dilanjutkan dengan rangkaian penyerahan hadiah lomba Puskesmas terbaik se-Aceh Selatan, hadiah lomba kepada tenaga kesehatan, yakni pemenang dokter teladan dan pemenang lomba tarik tambang.

Selanjutnya pemenang lomba joget balon, pemenang lomba estafet joget kain sarung, lomba terbaik untuk pencapaian imunisasi, dan vaksinasi Covid-19 tahun 2022, penyerahan hadiah kepada pensiunan Dinkes Aceh Selatan, hadiah kepada penginputan EPPEGBM terbaik.

Turut hadir dalam upacara HKN ini, unsur Forkopimda, Kepala SKPK, dan undangan lainnya. (*)