Pj Bupati Lepas Keberangkatan Kafilah MTQ Aceh Selatan Ke Simeulue

Pj Bupati Lepas Keberangkatan Kafilah MTQ Aceh Selatan Ke Simeulue
Dipublikasikan pada Rabu, 22 Nov 2023

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Sebanyak 68 orang kontingen (kafilah) Kabupaten Aceh Selatan yang akan mengikuti ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- 36 tingkat Provinsi Aceh tahun 2023 di Kabupaten Simeulue diberangkatkan.

Keberangkatan kontingen asal Aceh Selatan ini ditandai dengan acara pelepasan oleh Pejabat (Pj) Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, S. STP yang berlangsung di Hall Pendopo Bupati Aceh Selatan, Rabu (22/11/2023).

Turut dihadiri pada acara pelepasan tersebut Pj Ketua TP-PKK Aceh Selatan, Forkopimda, Pejabat Struktural di lingkungan Pemkab Aceh Selatan, dan Kafilah Aceh Selatan.

Ketua Panitia yang juga Kadis Syariat Islam Kabupaten Aceh Selatan, Indra Hidayat, S. Ag, M. Ag dalam laporannya mengatakan, jumlah Kafilah Aceh Selatan sebanyak 68 orang, terdiri 45 laki-laki dan 23 perempuan.

“Peserta MTQ XXXVI sejumlah 40 orang yang terdiri dari 21 laki-laki dan 19 perempuan,” terang Ustad Indra Hidayat.

Adapun Cabang Perlombaan yang diikuti, lanjutnya, ada 8 cabang, yakni Tartil Al-Quran sebanyak 2 orang peserta, Tilawah Al-Qur’an sebanyak 6 orang peserta, Qiraah Sab’ah sebanyak 8 orang peserta, Tahfiz Al-Qur’an sebanyak 9 orang peserta.

“Selanjutnya Syarhil Qur’an sebanyak 6 orang, Khattil Qur’an sebanyak 5 orang peserta, Karya tulis ilmiah Qur’an (KTIQ) sebanyak 2 orang peserta, dan Tafsil Qur’an sebanyak 2 orang peserta,” pungkas Kadis.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma S.STP menyampaikan MTQ merupakan ajang untuk mendekatkan jiwa kita selaku umat Islam kepada kitab suci Alquran dengan meningkatkan semangat membaca mempelajari untuk kemudian mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjutnya Cut Syazalisma mengatakan, pelaksanaan MTQ ke 36 tingkat Provinsi Aceh yang akan berlangsung di Kabupaten Simeulue ini merupakan momentum bagi kafilah Aceh Selatan untuk menampilkan yang terbaik.

“Dari apa yang telah diperoleh selama menjalankan pembinaan maupun dari pengalaman yang telah didapati selama ini semata-mata dengan niat untuk mengagungkan kitab suci Alquran,” paparnya.

Karenanya, Pj Bupati berpesan kepada para kafilah agar mengiringi perjuangan dengan semangat serta niat yang tulus untuk beribadah dan menyampaikan dakwah dengan mengajak masyarakat mencintai memahami dan mengamalkan Alquran.

“Capaian sebagai juara lV pada MTQ sebelumnya di Kabupaten Bener Meriah agar menjadi motivasi dan dorongan semangat untuk dapat meraih prestasi lebih baik lagi pada pelaksanaan MTQ tahun ini,” pungkasnya.(*)