Gampong Ujung Batee Kecamatan Pasie Raja Juara Pertama Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2021

Gampong Ujung Batee Kecamatan Pasie Raja Juara Pertama Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2021
Dipublikasikan pada Senin, 25 Okt 2021

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Penyerahan hadiah lomba gampong tingkat provinsi aceh tahun 2021 yang dilaksanakan di rumoh inong Tapaktuan, Senin (25/10) di hadiri Bupati aceh selatan Tgk. Amran, Wakil Ketua DPRK Aceh Selatan Adi Samridha, S.Pd.i dan Plt. Kepala DPMG Aceh yang di wakili oleh Kabid Pemerintahan Mukim dan Gampong serta Kepala DPMG Kabupaten Aceh Selatan, Para Kepala SKPK, Camat beserta Keuchik dan perangkat gampong ujung Batee Kecamatan pasie raja.

Pada kesempatan tersebut Plt. Kepala DPMG Aceh yang diwakili Kabid pemerintahan Mukim dan Gampong T. Aznal Zahri, S.STP, M,Si dalam laporannya menyatakan bahwa sesuai dengan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa bahwa lomba gampong ini mengukur capaian tingkat partisipasi masyarakat dalam mewujudkan swadaya masyarakat yang di implementasikan dalam kegiatan lembaga-lembaga kemasyarakatan di gampong.

Dengan demikian dari 23 kabupaten/kota di aceh berdasarkan keputusan Gubernur Aceh nomor 414.1341/2021 tentang penetapan juara lomba gampong tingkat provinsi yakni : Juara I Gampong ujung batee Kecamatan Pasie raja kabupaten aceh selatan, dengan uang pembinaan sebesar Rp 100.000.000,- beserta plakat dan piagam; Juara II Gampong Lae saga kecamatan longkib Kota Subulusssalam, dengan uang pembinaan Rp 90.000.000,-Juara III Gampong Bukit Kemuning Kecamatan Jagong Jeget Kabupaten aceh tengah mendapat uang pembinaan Rp. 80.000.000,-.

Piagam, Plakat beserta uang tunai tersebut di serahkan oleh Kabid Pemerintahan Mukim dan Gampong kepada Tgk. Amran, yang selanjutnya penghargaan tersebut di turuskan kepada keuchik gampong ujung batee kecamatan pasie raja. Bupati memberikan apresiasi terhadap upaya yang telah dilakukan oleh keuchik dan perangkat gampong dan masyarakat ujung batee untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan dimasa mendatang, dikarenakan penghargaan ini merupakan upaya yang maksimal dilakukan oleh masyarakat dan aparatur gampong serta DPMG Kabupaten aceh selatan yang telah membina dengan baik hingga berhasil meraih pengharagaan lomba gampong tingkat provinsi ini.

Tgk. Amran juga berharap agar peraihan juara pertama lomba gampong tingkat provinsi dapat menjadi motivasi guna meraih penghargaan lomba gampong tingkat nasional. Untuk itu kepada semua gampong yang ada di kabupaten aceh selatan untuk terus berpacu meraih yang terbaik dalam perlombaan gampong. Semoga gampong ujong batee kembali mengukir prestasi dan maju mewakili provinsi aceh ketingkat regional dan bisa menjadi contoh untuk wilayah aceh pada umumnya khususnya bagi gampong-gampong dalam kabupaten aceh selatan. Kepada dinas terkait dilingkungan pemerintah kabupaten aceh selatan agar dapat memberikan dorongan dan motivasi serta kontribusi dalam hal pengembangan dan pembinaan gampong yang berkesinambungan sesuai potensi yang ada. “pungkas beliau”. (*)