Bupati Aceh Selatan Resmikan Penegerian 28 TK

Bupati Aceh Selatan Resmikan Penegerian 28 TK
Dipublikasikan pada Senin, 28 Nov 2022

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Dalam upaya meningkatkan akses layanan dan mutu pendidikan, Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran meresmikan penegerian 28 Sekolah TK ( Taman Kanak-Kanak). Acara peresmian dilakukan secara simbolis itu berlangsung di TK Dharma Wanita Lawe Meulang, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Senin (28/11/2022).

Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud), Akmal AH dalam rilis dikirim ke serambinews.com, Selasa (29/11) mengatakan, setelah 16 tahun penantian untuk penegerian Sekolah TK, baru hari ini kembali terwujud.

“Sebab sebelumnya hanya 11 TK negeri yang ada di Kabupaten Aceh Selatan dan terakhir diresmikan pada Tahun 2006,” kata Amran. Dikatakannya, dengan demikian jumlah TK Negeri saat ini sebanyak 39 unit yang tersebar diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Selatan.

Tgk. Amran menyebutkan, keberadaan TK sebagai mitra keluarga, merupakan wadah bagi orang tua dan juga pendidik untuk mempersiapkan anak-anak para permata bangsa, sebagai calon pemimpin di masa yang akan datang.

Dijelaskannya, dengan peresmian penegerian 28 sekolah TK merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam meningkatkan akses layanan dan mutu pendidikan agar terwujudnya sinergitas berbagai pemangku kepentingan layanan PAUD, secara holistik dan integratif.

“Penegerian TK ini juga merupakan bentuk kehadiran pemerintah daerah ditengah-tengah masyarakat, dengan harapan nantinya TK yang dinegerikan mampu mengembangkan diri untuk menjadi model pendidikan anak usia dini yang terbaik, dan terus berpacu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” pintanya.

Lebih lanjut Tgk. Amran menuturkan, pendidikan anak pada usia dini adalah pondasi dari pendidikan karakter. Oleh karena itu sejak awal tahun 1990-an, dunia pendidikan di Indonesia telah menyadari pentingnya pendidikan anak usia dini.

Hal itu katanya, dilakukan sebagai langkah awal untuk memberikan rangsangan pendidikan dan membantu proses tumbuh kembang anak, Sehingga memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan di tingkatan lebih lanjut.

“Dalam regulasi undang-undang nomor 23 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, bahwasanya TK merupakan salah satu satuan pendidikan anak usia dini pada jalur formal yang menyelenggarakan pendidikan bagi anak umur empat sampai dengan enam tahun, dengan 4 prioritas pada usia lima sampai dengan enam tahun,” tutup Amran.

Sebelumnya, Kadisdikbud Aceh Selatan, Akmal AH dalam sambutannya mengatakan, mustahil hal ini terwujud tanpa ada kerjasama dan dukungan dari semua pihak. “Kami tidak pernah menyerah dan putus asa untuk meraih harapan dan impian ini. Alhamdulillah pada hari ini harapan tersebut dapat kita wujudkan,” ucap Akmal.

Kadisdikbud Aceh Selatan menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak dan salah satu yang membuat kita bangga yakni baru-baru ini Kepala TK Insan Madani Meukek, Julia Amalia Hasibuan, S. Pd masuk dalam 5 besar Kepala TK inspiratif tingkat nasional dari ribuan TK yang ada di Indonesia.

Pada acara peresmian itu turut hadir Asisten Bidang Pemerintahan, Kepala SKPK, Bunda PAUD Aceh Selatan, para camat, unsur Muspika Kluet Tengah, komite sekolah, para keucik se-Kluet Tengah dan para kepala TK se-kabupaten Aceh Selatan, serta mantan Bupati Aceh Selatan Tgk. Husein Yusuf.(*)