Bupati Aceh Selatan Peusijuek Armada Damkar Baru pada Pos Damkar 05 Bakongan dan Resmikan Pos Damkar 09 Trumon Timur

Bupati Aceh Selatan Peusijuek Armada Damkar Baru pada Pos Damkar 05 Bakongan dan Resmikan Pos Damkar 09 Trumon Timur
Dipublikasikan pada Sabtu, 5 Jun 2021

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Dalam rangka optimalisasi layanan kepada masyarakat di bidang penanganan bencana, khususnya kebakaran, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan secara resmi mengoperasionalkan 1 unit mobil pemadam kebakaran baru yang akan ditempatkan pada Pos Damkar 05 Bakongan, serta meresmikan Pos Damkar 09 Trumon Timur, pada Sabtu (5/6) pagi.

Kalak BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP, dalam sambutannya menyampaikan bahwa mobil pemadam kebakaran baru yang ditempatkan pada Pos Damkar 05 Bakongan ini nantinya akan mencakup wilayah kerja pada tiga kecamatan, yakni Bakongan, Bakongan Timur dan Kota Bahagia. Sedangkan Pos Damkar 09 Trumon Timur, merupakan pos damkar yang resmi dibentuk dan diaktifkan, atas dukungan dan dorongan dari Anggota DPRK dapil setempat. Nantinya pos damkar ini akan mendapatkan dukungan dari pos damkar lain yang telah lebih dulu beroperasi. Untuk sementara, Pos Damkar 09 Trumon Timur masih menggunakan unit mobil pemadam lama, dan akan segera diupayakan untuk pengadaan unit baru yang lebih representatif, jelas Cut Syazalisma.

Dalam sambutannya, Tgk. Amran menyampaikan bahwa dengan beroperasinya unit damkar, serta pos damkar baru ini, diharapkan dapat membantu warga saat terjadi musibah. Bukannya mendo’akan atau mengharapkan bencana, namun dengan adanya pos damkar ini, telah menjadi langkah awal kita dalam mengantisipasi apabila bencana tersebut datang, dan mempercepat penanganan.

Namun demikian, kiranya kita sama-sama berdo’a, semoga saja dua unit mobil pemadam kebakaran ini tidak perlu digunakan, artinya, kita berdo’a agar seluruh masyarakat baik di Bakongan Raya maupun Trumon Raya dijauhkan dari bencana kebakaran, tambah Tgk. Amran.

Pada kesempatan ini, turut diresmikan pengoperasian kendaraan roda dua jenis trail yang akan difokuskan untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dan ditempatkan pada pos-pos damkar yang telah ada.

Turut berhadir, Ketua DPRK Amiruddin, Plt. Sekda Ir. H. Said Azhar, Anggota DPRK Dapil setempat, Dailami IS, S.Pd dan Adi Samridha, S.Pd.I, para Camat se Bakongan Raya dan Trumon Raya, serta perangkat gampong setempat.(*)