Aceh Selatan Sumbang Tiga Anugerah, Aceh Juara Umum API Award 2021

Aceh Selatan Sumbang Tiga Anugerah, Aceh Juara Umum API Award 2021
Dipublikasikan pada Selasa, 30 Nov 2021

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Aceh Selatan berhasil tampil cemerlang di Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API Award) 2021 Musi Banyuasin dengan menyumbang 3 perhargaan sekaligus. Perhargaan bergengsi ini diterima Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dari kemenangan objek Agroekoeduwisata Puncak Sigantang Sira dan Anjungan Tapak Tuan Tapa.

Sigantang Sira secara mengejutkan mampu menyabet dua anugerah sekaligus yakni Juara 1 Dataran Tinggi Terpopuler dan Juara Favorit dengan jumlah hasil polling paling Tinggi dari keseluruhan nominasi. Sementara Anjungan Tapak Tuan Tapa berhasil menjadi Juara 1 kategori destinasi kreatifitas.

Keberhasilan Aceh Selatan ini mampu mengantarkan Provinsi Aceh sebagai Juara Umum dan menjadikan Kota Banda Aceh sebagai tuan rumah mewakili Aceh di ajang tahun 2022. Selain Sigantang Sira dan Anjungan Tapak Tuan dari Aceh Selatan, Festival Pulau Banyak Aceh Singkil dan Charming Banda Aceh masing-masing berhasil menjadi juara kategori Festival Pariwisata dan kategori brand wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Selatan, Safril, S.Sos, mengaku sangat gembira atas capaian tersebut dan ini membuktikan bahwa potensi dan pesona wisata Aceh Selatan mampu bersaing dilevel nasional. Safril juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung melalui berbagai mekanisme polling yakni SMS, Instagram dan YouTube.

“Tentunya tanpa dukungan masyarakat, mustahil potensi wisata kita dapat maju dan berkembang. Ajang API Award merupakan moment strategis untuk mempromosikan potensi yang kita miliki”, ungkap Safril.

Turut hadir dalam malam penganugerahan API award 2021, Direktur Politeknik Aceh Selatan, Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc, MMewakili T. Abrar Muda owner Sigantang Sira, T. Mudasir dan Riswansyah, dan Kasie Standarisasi Produk Pariwisata Aceh Selatan, T. Mulyadi.(*)