Tembus Banjir, Tim Sekda Aceh Selatan Berperahu Serahkan Bantuan kepada Korban

Tembus Banjir, Tim Sekda Aceh Selatan Berperahu Serahkan Bantuan kepada Korban
Dipublikasikan pada Kamis, 3 Nov 2022

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Sekretaris Daerah Aceh Selatan Cut Syazalisma, S. STP beserta rombongan meninjau dan menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Trumon Raya, Kamis (3/11/2022). Turut hadir unsur Forkopimda, Dandim 0107, Kapolres Aceh Selatan beserta jajarannya, Camat beserta Muspika Trumon Tengah, Kalak BPBD Kabupaten Aceh Selatan beserta tim.

Sekda beserta rombongan langsung meninjau korban banjir yang berada di Gampong Cut Bayu, Kecamatan Trumon Tengah dengan jarak tempuh satu kilometer dari Gampong Jambo Papeun. Tim melintasi banjir yang belum surut dengan menaiki perahu karet tim penyelamat yang sudah disediakan oleh BPBD Aceh Selatan.

Sekretaris Daerah Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S. STP mengatakan, musibah banjir yang t erjadi di berbagai kabupaten/ kota di Aceh ini juga berdampak di daerah Aceh Selatan. “Dalam situasi seperti ini hal utama yang kita lakukan mengevakuasi masyarakat yang terdampak banjir demi keselamatan jiwa, serta menyalurkan logistik dimasa tanggap darurat terhadap pengungsi yang harus meninggalkan tempat tinggal mereka,” Kata Sekda.

Ia mengatakan bahwa dalam kondisi seperti saat ini pemerintah daerah bersama semua unsur masyarakat lintas sektor senantiasa hadir, guna meringankan beban masyarakat yang pada saat ini membutuhkan bantuan.

“Kita berharap tim yang tergabung dalam bidang kesehatan, keamanan ketertiban dan fasilitas lain, dan juga bersama unsur forkopimda senantiasa tetap membantu masyarakat dengan seluruh sumber daya yang ada di Trumon Raya ini”, tegasnya.

“Kita berharap kepada korban banjir agar ikhlas menerima musibah ini, dan kepada orang tua juga harus menjaga anak-anaknya agar tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan bersama. Untuk tim kesehatan, mulai besok kita akan melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat terdampak musibah agar terhindar dari wabah penyakit,” sambung Sekda.

Sekda mengatakan bahwa dalam waktu sesegera mungkin Pemkab akan melakukan upaya koordinasi ke provinsi, supaya dapat membantu logistik di tempat pengungsian.

Selain itu, Kata Cut Syazalisma, S. STP untuk anak-anak yang masih sekolah pihaknya kan membuatkan tempat belajar di pengungsian dengan menghadirkan guru.

Selepas dari Gampong Cot Bayu, Sekda bersama rombongan menuju tempat pengungsian di Kompi Brimob, Kecamatan Trumon Timur sekaligus menyerahkan bantuan kepada korban banjir. (*)