Pj Bupati Pimpin Rakor Teknis Nasional Penurunan Angka Stunting di Aceh Selatan

Pj Bupati Pimpin Rakor Teknis Nasional Penurunan Angka Stunting di Aceh Selatan
Dipublikasikan pada Selasa, 10 Okt 2023

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma memimpin Rapat Koordinasi Teknis Nasional Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2023.

Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Selatan, Staf Ahli Setdakab dan Para Kepala SKPK terkait, berlangsung di Pendopo Bupati, Selasa (10/10/2023).

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma menegaskan agar berupaya secara maksimal untuk penurunan stunting yang merupakan program nasional dan harus dilakukan aksi nyata serta harus dituntaskan dengan segera.

Sementara itu Kepala Dinas DP3AKB Shaumi Radli, menyampaikan stunting pada anak harus menjadi perhatian dan diwaspadai. Kondisi ini dapat menandakan bahwa nutrisi anak tidak terpenuhi dengan baik.

Jika dibiarkan tanpa penanganan, stunting bisa menimbulkan dampak jangka panjang kepada anak, anak tidak hanya mengalami hambatan pertumbuhan fisik, tapi nutrisi yang tidak mencukupi juga mempengaruhi kekuatan daya tahan tubuh hingga perkembangan otak anak.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Fakhrijal MKes mengatakan Intervensi penurunan stunting melalui pelaksanaan program untuk setiap tahapan kehidupan dengan melakukan pendekatan keluarga pada lima kelompok sasaran yakni, Calon pengantin, Balita, Remaja Putri, Calon Pengantin dan Ibu Menyusui.(*)