Kakanwil Kemenkumham Aceh Tinjau Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Tapaktuan

Kakanwil Kemenkumham Aceh Tinjau  Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Tapaktuan
Dipublikasikan pada Kamis, 20 Jan 2022

TAPAKTUAN PROKOPIM – Kakanwil Kemenkumham Aceh Drs. Meurah Budiman, SH, MH melakukan kunjungan kerja dalam rangka peninjauan langsung kesiapan Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Tapaktuan, Kamis (20/01) di Kantor UKK komplek reklamasi Tapaktuan, turut di damping kepala Divisi Keimigrasian Sjachril, S.Sos serta Sekda Cut Syazalisma, S.STP, Asisten Pemerintahan Erwiandi S.Sos, MSi, Kadisdukcapil, Lahmuddin, S.Sos dan kepala SKPK terkait.

Pada kesempatan tersebut Kakanwil melihat langsung uji coba semua perangkat pendukung serta personil sehingga akan dilakukan  launching UKK Tapaktuan  dalam waktu dekat.  Beliau menyampaikan kehadiran UKK Tapaktuan dalam  pelayanan keimigrasian lebih efektif  dengan rentan waktu yang relatif dekat jika dibandingkan pengurusan nya di kantor imigrasi Meulaboh. Kakanwil juga menekankan bahwa pelayanan dokumen keimigrasian tanpa diskrimasi dengan biaya yang telah di tetapkan tanpa pungutan lain. Selain itu beliau juga menambahkan bahwa  dengan kehadiran UKK Tapaktuan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan banyak masyarakat yang mengurus pasport, dengan demikian sektor sektor ekonomi akan bangkit sebab banyak masyarakat yang akan mengurus dukomen keimigrasian di daerah ini.

Selanjutnya Kepala Divisi Imigrasi Aceh  Sjachril, S.Sos, menyampaikan momentum yang luar biasa tentang kompetensi para pegawai perbantuan yang di tempatkan dan bertugas UKK Tapaktuan, dalam penerbitan dokumen negara seperti passport yang memerlukan   pelayanan dengan sepenuh hati. Sebab  pelayanan kepada Warga Negara asing  dan Warga Negara Indonesia  memerlukan kompetensi sesuai Standar Operasional Procedur (SOP) yang telah di tetapakan, dengan demikian pegawai yang melayani masyarakat di Unit Kerja Keimigrasian  dituntut profesionalitas serta cakap dalam pengoperasian aplikasi yang ada.

Sementara itu Sekda Cut Syazalisma, S.STP sangat bahagia  di kunjungi Kakanwil Kemenkumham Aceh beserta rombongan yang  berkaitan dengan sistem pemerintahan dan pelayanan publik, dikarenakan  pemkab aceh selatan terus bergerak untuk pembenahan dan fokus dalam pelayanan. Sekda berharap ASN Aceh selatan yang diperbantukan di UKK Tapaktuan agar menunjukkan kinerja yang baik. Hal tersebut juga diperjelas oleh Asisten Pemerintahan  Erwiandi S.Sos, MSi, bahwa perjanjian kerja sama Pemkab Aceh Selatan  dengan Direktur Jenderal Keimigrasian  telah terwujud beberapa tahun lalu.   Erwiandi berharap agar UKK Tapaktuan sesegera mungkin di resmikan pengoperasi nya dan dalam waktu 6 bulan kedepan  semoga  dinaikan status nya dari UKK menjadi Kantor Imigrasi Tapaktuan. Dengan demikian Kehadiran Kantor imigrasi ini menjadi media  promosi Objek Destinasi Tempat Wisata (ODTW) kepada wisatawan lokal maupun mancanegara yang saat ini menjadi prioritas utama aceh selatan.