Aceh Selatan Terima Penghargaan Dari Kementerian Keuangan RI

Aceh Selatan Terima Penghargaan Dari Kementerian Keuangan RI
Dipublikasikan pada Jumat, 22 Okt 2021

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Aceh, Syafriadi, SE, M.Ec, Ph.D, menyerahkan plakat dan piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, atas pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2020, serta atas prestasi Capaian Opini WTP lebih dari 5 (lima) kali berturut-turut, yang diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S. STP, bertempat di Aula Lantai II Setdakab, Jum’at (22/10) pagi.

Dalam sambutannya, Syafriadi menyampaikan bahwa kedatangan dirinya ke Tapaktuan, selain untuk menyampaikan amanah berupa plakat dan piagam penghargaan dari Menteri Keuangan RI, juga untuk berdiskusi dengan pimpinan daerah serta SKPK terkait, mengenai kinerja pelaksanaan anggaran.

Syafriadi mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan. Pada awal tahun 2021, Aceh Selatan mengukir pretasi membanggakan dengan menjadi kabupaten tercepat dalam penyaluran dana desa tahap pertama se Indonesia. Selanjutnya, persentase realiasi penyaluran DAK Fisik Aceh Selatan saat ini berada pada peringkat ketiga dari 23 kabupaten/kota se Aceh. Dan dalam hal raihan opini WTP, Aceh Selatan juga telah mencapai 6 kali berturut-turut.

Selanjutnya, kinerja pelaksanaan anggaran Aceh Selatan pada tahun 2020, untuk pertama kali dalam 5 (lima) tahun terakhir, berhasil memperoleh nilai 81,54, dengan kategori Baik. Ini adalah nilai tertinggi yang pernah diperoleh Aceh Selatan sejak 2015. Kinerja pelaksanaan anggaran ini dinilai dengan berbagai indikator, antara lain, Rasio Defisit APBD, Rasio Belanja, SILPA, Realisasi Belanja, serta beberapa indikator lainnya.

“Kami ucapkan selamat, dan mengapresiasi kinerja baik dari Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, seraya berpesan agar indikator-indikator yang nilainya masih kurang baik, kiranya dapat menjadi bahan evaluasi untuk ditingkatkan. Kami memahami kesulitan daerah dalam kondisi pandemi COVID-19 dan refocusing anggaran ini, namun kiranya tidak menyurutkan semangat untuk terus menunjukkan kinerja yang baik” ucap Syafriadi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S. STP, dalam penyampaiannya mengucapkan terima kasih atas penghargaan dan perhatian dari Kementerian Keuangan RI. Dirinya juga menyampaikan salam dan ucapan terima kasih dari Bapak Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, yang sedang berada di luar daerah untuk menjalankan tugas kedinasan.

“Bapak Bupati menyampaikan salam serta ucapan terima kasih atas penghargaan dan perhatian yang diberikan Kementerian Keuangan RI. Capaian ini adalah hasil dari kerja keras seluruh pihak. Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan akan terus berupaya mempertahankan capaian-capaian yang sudah baik. Serta akan terus berbenah, dan mengevaluasi kinerja yang belum maksimal, agar mencapai hasil lebih baik, sebagaimana yang diharapkan” ucap Cut Syazalisma.

Turut hadir pada pertemuan ini, Plt. Kabid PPA-II DJPb Aceh, Mohammad Haddad, Kepala KPPN Tapaktuan, Andi Khairuddin, Kepala BKPD Aceh Selatan, Syamsul Bahri, SH dan Kepala SKPK terkait lainnya, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Deka Harwinta Zianur, SH. M.I.Kom (*)