Dinas Pertanian Aceh Selatan Tanam 3 Hektar Bawang Merah, Tekan Inflasi dan Ketahanan Pangan

Dinas Pertanian Aceh Selatan Tanam 3 Hektar Bawang Merah, Tekan Inflasi dan Ketahanan Pangan
Dipublikasikan pada Selasa, 22 Nov 2022

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Dinas Pertanian Aceh Selatan melakukan penanaman bawang merah yang kedua di Desa Pucok Krueng, Kecamatan Pasie Raja, Aceh Selatan, Selasa (22/11/2022). Turut hadir Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, Kapolres Aceh Selatan, AKBP Nova Suryandaru, Kajari Aceh Selatan Heru Anggoro, SH,. MH, Danramil/14 Pasie Raja Kapten Inf Priya Utama, Camat Pasie raja Hamdani, Kapolsek Pasie Raja Ipda Muji Burrahman, juga hadir kelompok Tani Subur Jaya, penyuluhan Pertanian, Tokoh Masyarakat, ketua Forum Keuchik Pasie raja dan Undangan lainnya

Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran dalam arahannya mengatakan bahwa penanaman bawang merah tersebut untuk menekan inflasi dan juga ketahanan pangan di Aceh Selatan. “Semoga apa yang kita tanam pada hari ini mendapatkan hasil yang maksimal nantinya,” kata Bupati.

Bupati berharap agar para penyuluh pertanian terus melakukan tugasnya dengan baik di lapangan. “Diharapkan kepada penyuluhan pertanian harus betul-betul turun kelapangan untuk memonitoring kelompok tani untuk di bimbing supaya hasilnya maksimal,” ungkapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Aceh Selatan, Nyaklah mengatakan bahwa luas tanaman bawang tersebut mencapai tiga hektar yang di kelola oleh kelompok tani subur jaya di bawah binaan Dinas Pertanian. “Ini merupakan penanaman kedua yang merupakan bantuan dari Pemerintah Aceh, semoga ini dapat membuahkan hasil yang maksimal. Kita berharap hasilnya dapat mengatasi harga bawang dan kelangkaan bibit bawang,” harapnya.

Selain itu Nyaklah mengatakan bahwa bibit bawang tersebut di peroleh dari hasil penangkaran bawang merah yang juga di lakukan oleh kelompok tani subur jaya. “Kita punya bibit sendiri dari hasil penangkaran bawang merah, bibit bawang ini juga sudah di pesan beberapa daerah,” pungkasnya. (*)