Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran Dapat Serambi Demokrasi Awards 2023, Sosok Inspiratif Peduli Santri

Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran Dapat Serambi Demokrasi Awards 2023, Sosok Inspiratif Peduli Santri
Dipublikasikan pada Sabtu, 18 Mar 2023

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, dapat penghargaan Serambi Demokrasi Award 2023 sebagai Sosok Inspiratif Peduli Santri. Penghargaan dan buku tersebut diserahkan Pemimpin Redaksi Harian Serambi Indonesia, Zainal Arifin M. Nur, didampingi Pemimpin Perusahaan Mohd Din, kepada Bupati Aceh Selatan Tgk Amran. Namun, Tgk. Amran berhalangan hadir, sehingga penghargaan dan buku 60 Sosok Inspiratif Aceh yang salah satunya adalah dirinya itu diterima Sekretaris Daerah Cut Syazalisma, S.STP. Penyerahan penghargaan dan uku ini berlangsung di Gedung ACC Dayan Dawood, Banda Aceh, Jumat (18/3/2023) malam.

Usai menerima penghargaan, Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Cut Syazalisma dalam sambutan singkatnya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Harian Serambi Indonesia yang telah memberikan penghargaan.

“Penghargaan ini didedikasikan untuk ulama, Tgk. Dayah, dan pada generasi muda Aceh yang sedang melaksanakan pendidikan di dayah dan tentunya bagi jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan,” kata Cut Syazalisma.

Ia mengatakan bahwa program yang dilakukan itu dalam rangka mewujudkan kualitas dan mutu pendidikan di Aceh, khususnya mutu pendidikan dayah

“Bapak Bupati Aceh Selatan ingin berpesan dalam membangun Aceh ini tidak terlepas daripada menciptakan generasi muda yang berkualitas dan tentunya berkarakter islami,” kata Sekda.

Sebelumnya Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia, Zainal Arifin M. Nur mengatakan malam apresiasi ini merupakan puncak dari peringatan HUT ke-34 Harian Serambi Indonesia yang jatuh pada 9 Februari lalu.

“Khusus panggung demokrasi merupakan puncak dari kegiatan semi jajak pendapat bertema Mata Lokal Memilih yang kami laksanakan selama dua bulan, mulai November 2022 sampai pertengahan Januari 2023,” kata Zainal.

Berhubung bertepatan tahun politik, sehingga apresiasi ini dikerucutkan untuk person atau orang-orang yang berkiprah di bidang yang bersentuhan dengan politik. Zainal Arifin M. Nur mengatakan kegiatan ‘ Mata Lokal Memilih’ berangkat dari sebuah pemikiran untuk mengapresiasi individu yang berkiprah dalam masyarakat, di berbagai sektor.

Wartawan Serambi dari 23 kabupaten/kota se-Aceh mewawancarai narasumber secara acak terhadap tokoh di daerah masing-masing yang berpotensi jika maju dalam Pemilu/Pilkada 2024 nanti. Zainal berharap, kegiatan tersebut dapat memberi dan menumbuhkan semangat serta tradisi di kalangan masyarakat Aceh, untuk senantiasa menghargai sekecil apa pun keunggulan yang dimiliki oleh seseorang. Dengan demikian Aceh senantiasa dipenuhi dengan energi positif.

“Sebagai bentuk pertanggungjawaban publik, Serambi Indonesia akan menerbitkan secara rutin artikel yang mengupas tentang 60 sosok inspiratif di bidang masing-masing mulai Senin, 20 Maret mendatang,” pungkasnya

Selain itu, pada malam Penganugrahan Serambi Demokrasi Award 2023 tersebut, juga dimeriahkan dengan aneka kesenian yang ditampilkan oleh para seniman Aceh, seperti Sagoe Lhee Feat Bur’am (Bur’am Meusaho), solois Aceh, Lailissa’adah (Icha).

Kemudian aktor Aceh yaitu Djamal Sharief, juga menampilkan monolog tentang kepemiluan dan harapan masyarakat Aceh terkait sosok pemimpin Aceh masa depan.

Selain itu, grup paduan suara New Laras Cita, Lembaga Budaya Aceh Nusantara (Buana) juga ikut memeriahkan acara puncak dalam rangka HUT Ke-34 Harian Serambi Indonesia yang diperingati pada 9 Februari 2023 lalu. (*)