BKPSDM Aceh Selatan Resmi Luncurkan Aplikasi SI-KULA

BKPSDM Aceh Selatan Resmi Luncurkan Aplikasi SI-KULA
Dipublikasikan pada Selasa, 22 Okt 2024

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) resmi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Rencana Kebutuhan Tugas Belajar (SI-KULA) sebagai solusi inovatif dalam manajemen kebutuhan tugas belajar bagi PNS.

Peluncuran aplikasi SI-KULA yang turut dihadiri Pj. Sekda Aceh Selatan, Ilham Sahputra, S.STP, M.Si itu, berlangsung selama dua hari (22-23/10/2024) di Aula Kantor BKPSDM Aceh Selatan, Jln. Cut Nyak Dhien, No. 14-14A, Gampong Pasar, Tapaktuan.

Kegiatan ini juga turut dihadiri, pejabat struktural dan fungsional pada BKPSDM Aceh Selatan serta Kasubbag Kepegawaian/Pengelola Kepegawaian pada SKPK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan.

Aplikasi SI-KULA yang khusus dirancang untuk menjadi solusi inovatif dalam manajemen kebutuhan tugas belajar bagi PNS, diharapkan dapat membantu setiap satuan kerja di lingkungan Pemkab Aceh Selatan untuk mengidentifikasi dan merencanakan kebutuhan pengembangan kompetensi jalur pendidikan melalui tugas belajar dengan tepat.

Melalui SI-KULA, proses perencanaan tugas belajar dapat dilakukan secara lebih efisien dengan mempermudah proses pengajuan dan monitoring kebutuhan tugas belajar secara online.

Disamping itu, aplikasi ini juga diharapkan dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan terkait kebijakan pengembangan kompetensi jalur pendidikan bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan sehingga seluruh proses dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Dalam sambutannya, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Selatan Ilham Sahputra, S.STP., M.Si., menyampaikan bahwa aplikasi SI-KULA merupakan sebagai inovasi dalam rangka optimalisasi pengelolaan kepegawaian berbasis sistem informasi atau digitalisasi.

“Melalui aplikasi ini memungkinkan kita untuk merencanakan dan mengelola rencana kebutuhan tugas belajar PNS secara tepat sehingga dapat memberikan manfaat strategis bagi pengembangan SDM sehingga berjalan sesuai dengan kebutuhan SKPK serta arah pembangunan daerah yang kita cita-citakan,” kata Ilham.

Karena itu, Pj. Sekda Aceh Selatan mengharapkan dengan adanya kegiatan ini seluruh pengelola kepegawaian dapat memanfaatkan dan mendukung sistem ini dalam penyusunan rencana kebutuhan tugas belajar PNS berbasis sistem informasi/digitalitasi di SKPK masing-masing.

Selain launching aplikasi, berdasarkan laporan panitia yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia BKPSDM Aceh Selatan, Mery Sutrisna, SSTP., M.Si. bahwa kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis penggunaan aplikasi SI-KULA kepada para peserta sosialisasi.

Dalam sesi ini, para peserta diperkenalkan dengan berbagai fitur aplikasi SI-KULA dan tata cara mengajukan usulan rencana kebutuhan tugas belajar SKPK berbasis digitalisasi dengan salah satu tujuannya adalah untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih tepat dan berbasis data terkait pengembangan kompetensi jalur pendidikan bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan.