Tim Ambasador Anugerah Pesona Indonesia ke Aceh Selatan, Diajak Pemkab Usai Raih Dua Juara API Award

Tim Ambasador Anugerah Pesona Indonesia ke Aceh Selatan, Diajak Pemkab Usai Raih Dua Juara API Award
Dipublikasikan pada Selasa, 29 Nov 2022

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Tim Ambasador Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 berkunjung ke Kabupaten Aceh Selatan. Kunjungan Tim Ambasador Anugerah Pesona Indonesia atau API Award 2022 ke daerah wisata Tuantapa ini disambut Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran didampingi Kadis Pariwisata Aceh Selatan, Muchsin, ST di Pendopo Bupati Aceh Selatan, Selasa (29/11/2022).

Dalam pertemuan itu, Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, berterima kasih atas kunjungan Tim API Award 2022 ke Aceh Selatan, setelah Aceh Selatan meraih dua nominasi sebagai juara pertama pada Malam Anugerah Pesona Indonesia 2022 di Gedung AAC Dayan Dawood Banda Aceh.

Bupati berharap ke depan promosi wisata ini bisa terus berkembang dengan adanya dukungan dari pemerintah pusat lewat Tim Anugerah Pesona Indonesia. “Karena ke depan kita juga ingin menjalin kerja sama dengan pihak TNGL untuk dapat membuka destinasi wisata dikawasan pasie lembang dan air terjun tangga 1.000 di Trumon Tengah yang sedang kita usahakan untuk dijadikan Tahura (Taman Hutan Raya) di Trumon Tengah, sehingga Aceh Selatan ke depan benar benar menjadi daerah tujuan wisata di Barat Selatan Aceh,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Aceh Selatan mengatakan bahwa setelah selesai Malam API di Banda Aceh, pihaknya mengajak Tim dari API Award 2022 ini untuk berkunjung ke Aceh Selatan agar dapat melihat langsung dan mempromosikan spot-spot wisata yang ada di sini.

“Alhamdulillah dari 11 Tim API Award 2022 yang datang ke Aceh, enam di antaranya bersedia hadir ke Aceh Selatan, sedangkan yang lainnya harus segera kembali ke Jakarta,” ujarnya.

Muchsin menyebutkan bahwa yang turut hadir, yakni Hiro Kristianto selaku Chairman API Award, Muhammad Syafaat Selaku Founder API Award dan 4 Ambasador, yaitu Lenny Lim – Youtuber-Travel Blogger, Taufan Gio – Author -Travel Blogger, Leonard Hotel Reviewer-Travel Blogger, Tracy – Diver-Travel Blogger & Planner.

“Selama dua hari di Aceh Selatan, mereka akan mempromosikan spot-spot wisata di sini. Antara lain hari pertama Selasa (29/11/2022) akan berkunjung ke Pulau Dua, Benteng Trumon, dan makan siang di puncak Sigantang Sira dan makan malam di Kampung wisata kuliner sate lolak Lhok Rukam,” ucap Kadis Pariwisata.

Selanjutnya pada hari kedua, Rabu (30/11/2022) akan mengunjungi spot spot wisata di Tapaktuan, pantai cemara Ujong Batee, Pantai Pasir Putih Samadua, ke Sawang, Meukek dan Labuhanhaji ke Pantai SBB, Guha Batee Meucanang di Labuhan Haji Barat

“Semoga kedatangan mereka kemari dapat menambah daya tarik pengunjung dari luar lewat promosi yang mereka lakukan selama di sini,” pungkas Muchsin, ST.

Seperti diberitakan sebelumnya, Aceh Selatan yang terkenal dengan alamnya yang indah, di apit antara bukit dan bentangan bibir pantai Samudera hindia mulai dari Kecamatan Labuhanhaji Barat sampai kecamatan Trumon Timur.

Untuk tahun 2022 ini Aceh Selatan meloloskan dua destinasi wisata di ajang API Award 2022, yakni situs Sejarah Benteng Trumon dan Destinasi Kreatif Pulau Dua. Setelah melewati proses pemilihan awal dari seluruh destinasi yang ada di Indonesia dan dilanjutkan dengan vote dukungan via jejaring media sosial selama 6 bulan sejak 1 Juni 2022 sampai 31 Oktober 2022.

Alhamdulillah dua Destinasi Wisata Aceh Selatan meraih juara pertama dari dua nominasi yang berbeda yang diumumkan pada malam puncak anugerah pesona Indonesia yang diadakan di Kota Banda Aceh sebagai tuan rumah, Jumat, 25 November 2022.

Bupati Aceh Selatan Tgk Amran yang ikut hadir dimalam puncak Anugerah Pesona Indonesia tersebut mengucapkan terimakasih yang setinggi tingginya kepada masyarakat yang sudah mendukung destinasi wisata Aceh Selatan hingga meraih Juara pertama di ajang API Award 2022.

“Semoga kita terus dapat menggerakkan upaya peningkatan ekonomi masyarakat dari sektor pariwisata.” Kata Bupati

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Aceh Selatan, Muchsin yang ikut mendampingi Bupati Aceh Selatan mengatakan, upaya untuk meraih predikat sebagai juara di ajang Anugerah Pesona Indonesia ini tidaklah mudah.

“Semua ini butuh proses butuh dukungan terutama dari masyarakat setempat dan masyarakat Aceh selatan pada umumnya.”

“Sehingga dengan adanya dukungan masyarakat maka dukungan dari kelompok kelompok yang bergerak di sektor pariwisata dan masyarakat luar akan ikut hadir bergerak bila semua sudah ikut bekerjasama dan merasakan dari tumbuhnya ekonomi masyarakat di sekitar destinasi wisata.” Ungkapnya

Muchsin juga mengucapkan terimakasih kepada kawan kawan media yang selalu mempromosikan wisata Aceh Selatan.

“Kemenangan Benteng Trumon dan Pulau Dua menjadi juara pertama di ajang anugerah pesona Indonesia award tahun 2022 ini adalah berkat kerjasama seluruh lapisan masyarakat dalam mendukung tumbuhnya sektor wisata di Aceh Selatan yang mulai kita gerakkan dari Desa desa yang ada potensi wisatanya,”

“Sehingga kedepan Aceh Selatan akan terus dilirik oleh penikmat wisata alam baik lokal maupun mancanegara yang ingin berkunjung ke Aceh Selatan.” Jelasnya

Selain itu, Kata Muchsin, sebagai penghargaan untuk Aceh Selatan, Tim Anugerah Pesona Indonesia 2022 dari Jakarta, akan di bawa berkunjung ke Aceh Selatan. “Insya Allah tim Anugerah Pesona Indonesia 2022 dari Jakarta, juga akan kita bawa berkunjung ke Aceh Selatan dalam minggu ini untuk dapat melihat dan mempromosikan destinasi destinasi wisata yang ada di Aceh Selatan.” pungkasnya. (*)