Kecamatan Trumon Timur Juara Pertama Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Kabupaten Tahun 2022

Kecamatan Trumon Timur Juara Pertama Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Kabupaten Tahun 2022
Dipublikasikan pada Rabu, 3 Agu 2022

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Dalam rangka kegiatan apresiasi Bunda Paud tingkat kabupaten aceh selatan yang diselenggarakan di aula Dinas pariwisata, Rabu (03/08). Acara tersebut di hadiri Sekda Kabupaten Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S. STP selaku penasehat Pokja Bunda Paud Kabupaten, Kailida, S.Pdi, Bunda Paud Kabupaten, Ketua Pokja Bunda Paud Kabupaten, Yuliani Irvana serta Para Camat se-Kabupaten Aceh Selatan,Kabid Paud Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Selatan,Para Bunda Paud Kecamatan dan Gampong, yang mengusung tema “Melangkah Bersama Menuju Paud Berkualitas”.

Sebagai Juara pertama apresiasi Bunda Paud di raih oleh Kecamatan Trumon Timur, juara ke II Kecamatan Meukek dan juara III Kecamatan Labuhanhaji Barat. Sedangkan juara pertama tingkat gampong di raih Gampong Pasar Lama Kecamatan Labuhanhaji, juara ke II Gampong lhok Sialang Cut Kecamatan Pasie Raja dan juara III Gampong Panton Luas Kecamatan Samadua.

Acara apresiasi Bunda Paud yang dibuka langsung oleh Bunda Paud Kabupaten Aceh Selatan, Kailida, S. Pdi mengatakan bahwa esensi pengembangan pendidikan anak usia dini tidak hanya menekankan pada aspek pendidikan semata, tetapi mencakup juga aspek pelayanan gizi, pelayanan kesehatan, pengasuhan, perlindungan, serta kesejahteraan anak.

Harapan beliau Optimalisasi pelayanan anak usia dini dari berbagai aspek ini menjadi strategi dalam tumbuh kembang anak selama masa golden age tersebut. Untuk itu, Kailida berharap Bunda Paud kabupaten maupun kecamatan mampu mengoptimalkan pelaksanaan paud hingga ke tingkat gampong, sehingga anak-anak aceh selatan dapat menjadi generasi muda yang unggul dan berkarakter. Ujar kailida.

Pada kesempatan tersebut Sekda menyampaikan bahwa pentingnya pendidikan anak usia dini mengacu kepada perkembangan otak serta mental anak pada usia 0-6 tahun mencapai perkembangan yang maksimal, atau biasa disebut sebagai Golden Age (usia emas), dikarenakan masa pertumbuhan otak anak sedang pesat-pesatnya tumbuh dan berkembang.

Oleh karenanya pendidikan anak usia dini sangat diperlukan, salah satunya untuk melatih kemampuan berbahasa, bersikap, dan berpikir untuk mengembangkan budi pekerti, kepekaan serta meningkatkan kedisiplinan dan memberikan pelayanan secara optimal pada anak usia dini. Ungkap Cut Syazalisma.(*)