Kain Motif Situnjoeng Andalan Dekranasda Aceh Selatan Dalam Perhelatan Cerita Wastra 2021

Kain Motif Situnjoeng Andalan Dekranasda Aceh Selatan Dalam Perhelatan Cerita Wastra 2021
Dipublikasikan pada Minggu, 4 Apr 2021

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Perhelatan Cerita Wastra Dekranasda kembali digelar pada tahun 2021. Event yang diprakarsai oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI, Dekranas RI dan Dekranasda Provinsi ini, merupakan kompetisi foto daring menggunakan kain atau wastra masing-masing kabupaten/kota. Kemudian foto ini diunggah di akun media sosial, baik Instagram, Facebook maupun Twitter masing-masing Dekranasda Kabupaten/Kota.

Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan tak mau ketinggalan dan ikut berpartisipasi dengan membawa Kain Motif Situnjoeng sebagai andalan pada perhelatan Cerita Wastra ini. Kain Motif Situnjoeng sendiri lahir dan terinspirasi dari warisan para leluhur melalui goresan tangan para orang tua terdahulu di Aceh Selatan. “Keberadaan Situnjoeng telah melegenda dan dikenal luas sejak masa Kerajaan Aceh dahulu,” jelas Ketua Dekranasda Aceh Selatan, Kailida, S.Pdi, Minggu (4/4/2021).

Menurut Kailida, Situnjoeng telah diaplikasikan pula dalam Meracu Tunggang Balek yang sering digunakan dalam acara pernikahan dan acara adat lainnya. “Kami mengajak kita semua untuk berpartisipasi dan memberikan dukungan melalui Instagram Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan dengan alamat akun @dekranasda.kabas,” ajak Kailida.

Menurut informasi, Ketua Bidang Pameran, Promosi dan Publikasi Dekranasda Aceh Selatan, Deka Harwinta, SH,. M.I.Kom. Pelaksanaan Kompetisi Cerita Wastra 2021 berlangsung 24 Maret – 7 April 2021. Setelah itu akan dilanjutkan dengan proses penjurian tingkat provinsi pada tanggal 8-11 April 2021. “Nantinya, pemenang tingkat provinsi akan diumumkan pada tanggal 12 April 2021 oleh Dekranasda. Kemudian pemenang tiap provinsi akan diumumkan di tingkat nasional oleh Dekranas RI pada tanggal 21 April 2021,” pungkas Deka Harwinta. (*)