Bupati Aceh Selatan Semangati Masyarakat dan Mahasiswa pada Kegiatan Bakti Sosial dan Pelatihan Pengolahan Eceng Gondok di Kuala Ba’u

Bupati Aceh Selatan Semangati Masyarakat dan Mahasiswa pada Kegiatan Bakti Sosial dan Pelatihan Pengolahan Eceng Gondok di Kuala Ba’u
Dipublikasikan pada Senin, 31 Mei 2021

TAPAKTUAN, PROKOPIM – Eceng Gondok seringkali dikeluhkan sebagai tanaman pengganggu, karena dapat menimbulkan berbagai kerugian terhadap pemanfaatan perairan. Permasalahan inilah yang selayaknya kita jadikan sebuah peluang, salah satunya memanfaatkan eceng gondok dengan mengolahnya sebagai pupuk kompos, sebagaimana yang kita laksanakan hari ini.

Demikian penyampaian Direktur Politeknik Aceh Selatan (POLTAS), Dr. M. Yasar, S.TP, M.Sc, pada pembukaan Kegiatan Bakti Sosial dan Pelatihan Pengolahan Eceng Gondok menjadi Pupuk Organik, yang dilaksanakan di Gampong Pasie Kuala Ba’u, Kecamatan Kluet Utara pada Senin (31/05) pagi.

Awal mula dilaksanakannya kegiatan ini, sebagaimana disampaikan oleh Camat Kluet Utara, Misbah, S.Ag, merupakan tindak lanjut atas keluhan masyarakat Kemukiman Kuala Ba’u, tentang habitat eceng gondok di sungai yang sangat mengganggu perekonomian masyarakat, yang dampaknya dirasakan hingga 4 (empat) gampong, yakni Pasi Kuala Ba’u, Suak Geringging, Kedei Padang dan Simpang Tiga.

Inisiatif untuk mengubah permasalahan ini menjadi sebuah peluang, dilaksanakan melalui kerjasama BUMG-Bersama Sepakat Mandiri Sejahtera Kecamatan Kluet Utara dengan Politeknik Aceh Selatan.

Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan untuk menemukan solusi terbaik atas permasalahan yang telah mengganggu mata pencaharian masyarakat setempat.

Sungai ini telah menjadi sumber pendapatan masyarakat selama bertahun-tahun. Dengan adanya eceng gondok yang menutupi permukaan sungai, tentunya sumber pendapatan tersebut menjadi terganggu. Terima kasih kepada POLTAS yang selama ini terus bersinergi dengan pemerintah daerah, serta seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga kegiatan hari ini dapat terlaksana. Tetap fokus pada tujuan, jangan berhenti walau banyak tantangan dan permasalahan, anggaplah hal tersebut sebagai kerikil yang harus dihadapi. Jangan sekali-kali menjadikan hal tersebut sebagai alasan kita berhenti untuk berbuat hal-hal yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat.” ungkap Tgk. Amran.

Usai seremonial pembukaan acara, Tgk. Amran, langsung turun untuk memanen eceng gondok yang menutupi permukaan sungai dan mengolahnya melalui mesin yang sudah disediakan dilokasi kegiatan. Saya ingatkan kepada masyarakat setempat, jangan sampai karena ini adalah kegiatan Bakti Sosial Poltas, lantas masyarakat hanya menjadi penonton, mari sama-sama bekerja, karena manfaatnya akan kita rasakan bersama”, tambah Tgk. Amran.(*)