Dekranasda Aceh Selatan Pamer Ragam Produk Kreatif UMKM Khas Daerah Ini dalam AMFF 2024 di Jakarta

Dekranasda Aceh Selatan Pamer Ragam Produk Kreatif UMKM Khas Daerah Ini dalam AMFF 2024 di Jakarta
Dipublikasikan pada Jumat, 24 Mei 2024

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda Aceh Selatan turut ambil bagian pada gelaran Aceh Muslim Fashion Festival (AMFF) di Sarinah Mall Jakarta, 24 – 26 Mei 2024.

Pada perhelatan yang digelar oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh ini, Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan menggandeng UMKM untuk menampilkan berbagai produk kreatif khas Aceh Selatan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal, SSTP, MSi, yang hadir pada pembukaan AMFF 2024 menyampaikan bahwa acara ini merupakan perayaan mode yang diselenggarakan Pemerintah Aceh.

Tujuannya untuk mempromosikan karya seni dan UMKM Aceh di ibu kota.

“Selain menampilkan berbagai koleksi terbaru dari desainer Aceh, AMFF juga menjadi panggung utama bagi para desainer dan penggemar wastra mode muslim,” ucap Almuniza Kamal.

Senada dengan penyampaian Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Pj Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan, Bd. Yuliani Irvana RS, Tr, Keb., menyambut baik pelaksanaan AMFF.

Yuliani mengatakan event ini menjadi momentum yang tepat untuk memperluas pasar UMKM lokal yang selama ini aktif dan telah melahirkan berbagai karya kreatif yang dipasarkan di daerah.

Namun belum mendapat kesempatan untuk dikenal dan tampil di pasar yang lebih luas.

“Pada AMFF ini, Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan menggandeng salah satu UMKM, yakni Putri Pala, yang selama ini telah melahirkan berbagai produk kreatif khususnya wastra mode muslim yang cukup dikenal di Aceh,” ungkap Yuliani.

Ia berharap melalui AMFF ini produk UMKM Aceh Selatan dapat dikenal lebih luas, tidak hanya di Kabupaten Aceh Selatan atau Provinsi Aceh saja.

“Alhamdulillah, sejak hari pertama ini, stand Dekranasda Aceh Selatan mendapat respon yang positif.

Terlihat dari banyaknya pengunjung yang mendatangi stand kami dan membawa pulang berbagai produk kreatif yang ditampilkan” ucap Yuliani.

Dikatakannya, melalui pelaksanaan AMFF ini, diharapkan berbagai produk khas Aceh Selatan dapat lebih dikenal.

Di antaranya kain bordir, batik dan juga bahan kreatif lainnya bermotif Situnjuang serta motif Senuwan Kluet khas Aceh Selatan yang langsung dibeli oleh salah seorang pengunjung.

“Pada kesempatan ini kami berkolaborasi dengan Putri Pala, Insya Allah, pada kesempatan lain, Dekranasda Aceh Selatan akan berkolaborasi pula dengan UMKM yang lainnya.

Kita banyak menampilkan produk UMKM lainnya pada event ini,” katanya

Yuliani berharap agar karya kreatif berkualitas lainnya dari UMKM yang ada di Aceh Selatan juga akan punya kesempatan tumbuh bersama dan dikenal luas.

Dengan demikian bisa ikut berperan aktif dalam memajukan warisan bangsa, khususnya ragam budaya yang berasal dari Aceh Selatan.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP, selaku Pembina Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan yang turut hadir pada pembukaan AMMF 2024 memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Pj Bupati Aceh Selatan menyambut baik AMMF sebagai event yang dapat memberikan berbagai informasi tentang produk UMKM

“Hal ini tentu akan membawa dampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Semoga AMMF dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan UMKM Aceh Selatan,” pungkas Cut Syazalisma. (*)