Bupati Janji Bangun Pengaman Tebing di Kluet Utara, Tinjau Banjir di Keude Padang Aceh Selatan

Bupati Janji Bangun Pengaman Tebing di Kluet Utara, Tinjau Banjir di Keude Padang Aceh Selatan
Dipublikasikan pada Senin, 8 Mei 2023

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran meninjau langsung kawasan Keude Padang, Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan yang dilanda banjir, Senin (8/5/2023).

Turut hadir dalam peninjauan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Aceh Selatan, Heru Anggoro, SH, MH dan sejumlah dinas terkait.

Bupati Tgk. Amran mengatakan, pihaknya akan melakukan penanganan dengan berusaha membangun tanggul pengaman tebing sungai bermaterial batu gajah. Ini untuk mengantisipasi banjir besar akibat meluapnya Sungai Kluet, seperti yang terjadi saat ini.

“Kami sudah mengupayakan pembangunan tanggul pengaman tebing bersumber dari dana hibah rehab rekon Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat tahun anggaran 2023 senilai lebih kurang Rp. 9 miliar,” bebernya.

“Insya Allah, pekerjaan tersebut akan dikerjakan pada Juni 2023 mendatang,” ungkap Bupati.

Menurutnya, apabila tidak segera dibangun tanggul pengaman tebing sungai, maka dikhawatirkan sebagian Keude Padang akan menjadi sungai. Bahkan masjid di Kawasan tersebut terancam amblas akibat digerus abrasi yang diakibatkan luapan sungai.

“Kita berharap semoga curah hujan dapat berkurang dengan intensitas rendah, dengan demikian kejadian yang tidak kita inginkan tidak terjadi,” pungkasnya.(*)