14 Santri MUQ Aceh Selatan Khatam Al-Quran 30 Juz

14 Santri MUQ Aceh Selatan Khatam Al-Quran 30 Juz
Dipublikasikan pada Sabtu, 16 Des 2023

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Sebanyak 14 santri – santriwati Madrasah Ulumul Qur’an Aceh Selatan (MUQAS) khatam Alquran 30 Juz. Acara khataman diselenggarakan di masjid Agung Istiqomah Tapaktuan, Aceh Selatan,yang dihadiri oleh SKPK, unsur forkopimda Aceh Selatan, Sabtu (16/12/2023).

Pj Bupati Aceh Selatan yang diwakili oleh Staff Ahli Keistimewaan Aceh dan SDM, Yuhelmi. S.H M.H, mengapresiasi Peran MUQ Aceh Selatan yang terus melahirkan banyak generasi Qurani yang berprestrasi.

“Empat dari dari khatam Quran hari ini adalah santri yang masih duduk di bangku SMP Plus Ulumul Quran, sedangkan 10 lainnya adalah santri dari tingkat SMA Plus Ulumul Quran,” ujarnya.

Direktur MUQ Aceh Selatan Ustadz Muhammad Ridho Agung mengatakan berkat Kerjasama dan dukungan dari semua pihak dan juga Pemkab, Yayasan, Dewan Guru, dan Wali Santri hari ini sudah menyaksikan prestasi yang diukir oleh santri MUQ.

“Moment hari ini orang tua menyaksikan langsung anak anaknya melakukan setoran terakhir, banyak yang meneteskan air mata terharu.

Bagi anak yang sudah khatam mari kita lanjutkan mendalami ilmu tafsir hingga juga bisa khatam dalam mengamalkan Alquran,”ungkapnya

Ia mengatakan bahwa SMA Plus Ulumul Quran siap mewadahi bagi anak anak untuk bisa melanjutkan hapalan dan mendalaminya di SMA Plus Ulumul Quran.

Sementara itu, Rustam mewakili wali santri, mengatakan dengan khatamnya hapalan ini merupakan awal untuk melanjutkan dan mendalami ilmu al quran, serta menerapkanya dalam kehidupan sehari hari.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada ustadz serta guru di MUQ telah mendidik anak anak kami. Tahun ini kami melihat banyak sekali prestasi terbaik yang ditorehkan MUQAS dalam membawa nama baik Aceh Selatan,” pungkasnya.

Diketahui MUQ Aceh Selatan yang berusia sudah delapan tahun, namun prestasi nasional hingga internasional terus diraih setiap tahunnya. MUQAS telah berhasil mengirimkan putra-putri terbaik Aceh Selatan hingga ke luar negeri.

Kemudian menjalin kerjasama dengan Lembaga tahfidz Sulaimaniyah Turkiye di awal Desember 2023 dan hingga akkhir tahun 2023, MUQ telah meraih tinta sejarah terbaik dalam mencetak generasi penghafal Qur’an terbanyak 14 Orang di Aceh.

Berikut nama- nama dan masa kecepatan hapalan santri MUQ Aceh Selatan

Muhammad Alfandi Bin Ali Akbar (2,5 Tahun), Maulidin Bin Ali Amran (5,5 Tahun), Muhammad Zayyan Muhandis Farhan Bin Musliadi (5,5 Tahun), Muhammad Al Fatah Bin Syawaluddin (5,5 Tahun), Ade Sahputra Bin Jajang Kaswara (5,5 Tahun), Intan Dara Meutia Binti Dahri Dareh (5,5 Tahun),

Kemudian, Shafa Inayah Binti Ismardi (2,5 Tahun), Dina Laurenza Purba Binti Rahmat Purba (5,5 Tahun), Salwa Dwi Chintia Binti Rustam (4,5 Tahun), Nadhira Kirana Anindhita Binti Ridwan (2,5 Tahun), Laura fathiya Azzahra Binti Zulmahdi (3,5 Tahun), Anisa Rahmadhani Binti Muhammad Irfan (1,5 Tahun), Jihan Fathin Rafiqa Binti Nisfurahman (2,5 Tahun), Nora Nurul Fitri Binti Sopian Suri (2,5 Tahun).(*)