Bupati Tgk. Amran Resmikan Layanan Ruang Katerisasi, Kamar Operasi Dan CT -Scan 64 Slice RSUDYA Tapaktuan

Bupati Tgk. Amran Resmikan Layanan Ruang Katerisasi, Kamar Operasi Dan CT -Scan 64 Slice RSUDYA Tapaktuan
Dipublikasikan pada Selasa, 12 Sep 2023

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Rumah Sakit Yuliddin Away Tapaktuan, kini punya Layanan Cath Lab , Kamar Operasi dan CT-Scan 64 Slice, hal ini ditandai dengan peresmian ruang katerisasi, kamar Operasi dan CT – scan 64 Slice di RSU YA Tapaktuan oleh Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran, Selasa sore (12/9/2023).

Bupati Aceh Selatan Tgk.Amran SH, mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan memberikan dukungan, baik secara langsung maupun tidak langsung, terhadap kelanjutan pembangunan dan penyediaan fasilitas Rumah Sakit Yuliddin Away Tapaktuan.

Beliau juga mengatakan bahwa dengan diresmikan beberapa fasilitas baru yang ada dirumah sakit ini diantaranya ruang katerisasi, serta peralatan CT-Scan, dapat memudahkan pasien mendeteksi keluhan masyarakat dengan cepat dan tepat.

“Semua fasilitas ini merupakan wujud nyata dari upaya kita bersama untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat sebagaimana menjadi visi dan misi Pemerintah Daerah, yang tercantum dalam dokumen RPJM dan satu persatu telah kita wujudkan”, sebut Tgk. Amran.

Lebih Lanjut Bupati juga menerangkan bahwa ruang kateterisasi akan memudahkan pelaksanaan tindakan kardiologi intervensi, seperti pemasangan ring dan kateterisasi jantung.

Dengan demikian Rumah Sakit Yuliddin Away segera memiliki Dokter ahli Jantung, yang dalam waktu dekat akan menyelesaikan pendidikan dan kembali kedaerah. Jelas Beliau.

Sementara itu, untuk tindakan Neurologi Intervensi Pemerintah Daerah juga telah menugaskan Dokter Ahli Saraf atau Neurologi dari Rumah Sakit Yuliddin Away untuk melanjutkan Pendidikan dibidang Neurologi Intervensi di Jakarta.

Oleh karenanya keberadaan kamar operasi maupun alat CT-Scan dengan spesifikasi yang lebih baik dari pada sebelumnya, menjadikan rumah sakit Yuliddin Away sebagai salah satu Rumah Sakit Daerah menggunakan peralatan modern.

Fasilitas ini juga didukung dengan layanan informasi yang ramah kepada pasien, kebersihan lingkungan dan performa yang baik dengan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pasien”, imbuhnya.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Yuliddin Away Tapaktuan dr. Syah Mahdi Sp.PD mengatakan, ada tiga jenis fasilitas yang dioperasikan, pertama kamar operasi dengan model terbaru diresmikan tiga unit, ada satu kamar kateterisasi yang difungsikan oleh dr. Jantung dan saraf intervensi, dan ada satu kamar CT-Scan 64 Slice.

Pembangunan Ruang Kateterisasi, Kamar Operasi dan CT-Scan 64 Slices ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Dr H Yuliddin Away.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Ruang Kateterisasi (Cath Lab) merupakan fasilitas medis yang digunakan untuk melakukan tindakan Kardiologi intervensi, seperti pemasangan Ring, kateterisasi jantung, dan angiografi serta tindakan Neurologi intervensi,” ujarnya.

Direktur juga menambahkan, Untuk kamar operasi target tahun 2024 sudah difungsikan penuh, kemudian untuk ruang kateterisasi akhir tahun 2024 salah satu Dokter saraf intevesi kita selesai, dan untuk CT-Scan tinggal diurus izin dan dinilai oleh BPJS dan langsung bisa berfungsi, tuturnya.

Sambungnya, Kamar operasi merupakan fasilitas medis yang digunakan untuk melakukan tindakan operasi, baik operasi besar maupun kecil.

Sedangkan CT-Scan merupakan fasilitas medis yang digunakan untuk melakukan pemindaian tubuh secara menyeluruh. Pembangunan ini menghabiskan anggaran senilai 57 milyar yang bersumber dari DAK dan DOKA.

“Pembangunan dan pengadaan peralatan medis ini merupakan bukti komitmen kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Dr H Yuliddin Away. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat, dengan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pasien. Saya berharap dengan adanya Ruang Kateterisasi, Kamar Operasi dan CT-Scan 64 Slices ini, RSUD Dr H Yuliddin Away dapat menjadi rujukan bagi masyarakat, baik dari Kabupaten Aceh Selatan maupun dari daerah lain,” Pungkas Direktur.

Ia juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut berkontribusi dalam pembangunan dan pengadaan peralatan medis tersebut.

Semoga kerja keras dan dedikasi kita semua dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” Ujarnya lagi.(*)