Bupati Serahkan 500 Sertifikat Tanah kepada Warga Kuta Padang dan Raket Mukim Buloh Seuma

Bupati Serahkan 500 Sertifikat Tanah kepada Warga Kuta Padang dan Raket Mukim Buloh Seuma
Dipublikasikan pada Minggu, 1 Jan 2023

PROKOPIM, TAPAKTUAN – Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran menyerahkan 500 sertifikat tanah kepada masyarakat Gampong Kuta Padang, Mukim Buloh Seuma, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (10/1/2023).

Penyerahan sekaligus kegiatan silahturahmi tersebut juga dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh, Kamarsyah, Plt Kepala Kantor Pertanahan Aceh Selatan beserta jajarannya, Kadis Pertanahan, Ir. H. Said Azhar, Kadis Pertanian, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Camat Trumon, Imum Mukim, Ketua Tuha Peut Kuta Padang, dan masyarakat setempat.

Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Kantor Pertanahan (BPN) Kabupaten Aceh Selatan serta Dinas Pertanahan yang telah bekerja secara maksimal dalam hal mengeluarkan sertifikat tanah yang ada di Gampong Kuta Padang maupun Raket di Kecamatan Trumon.

“Alhamdulillah masyarakat Buloh Seuma dapat diserahkan sertifikat tanah sebanyak lebih kurang 500 buah, walaupun secara simbolis sudah diserahkan sewaktu HUT Aceh Selatan yang ke-77,” ucap Tgk. Amran.

Sedangkan Plt Kepala Kantor Pertanahan (BPN) Aceh Selatan, Nasrullah, SP mengatakan, sekitar bulan April 2022, stafnya sudah turun ke lapangan untuk melakukan penyuluhan mengenai program pemerintah tentang pengsertifikatan tanah

Dalam hal ini, ujar Nasrullah, untuk Kemukiman Buloh Seuma yaitu program redistribusi tanah.

“Program sertifikasi redistribusi tanah berbeda dengan program pemerintah lainnya yang biasa waktu jaman kita dengar namanya prona. Tetapi kalau sekarang disebut dengan PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap),” ulas Nasrullah.

Lebih lanjut, bebernya, bahwa redistribusi tanah itu dikhususkan untuk perkebunan dan perikanan, tetapi tidak untuk perkarangan rumah. “Redistribusi tanah adalah sertifikasi lahan perkebunan ataupun perikanan, artinya jangkauannya lebih luas, luasnya juga tidak terbatas,” ungkap dia. Sementara itu, dari 500 orang yang diberikan, sebanyak 446 orang hadir langsung dengan rinciannya, 187 warga Gampong Raket dan 259 warga Kuta Padang.(*)